Setelah 2 Pekan Menghilang, Mandala Shoji Akhirnya Menyerahkan Diri ke Kejaksaan

0
136
Foto : Sinar Harapan

Jakarta, namalonews.com – Setelah selama 2 pekan tidak diketahui keberadaannya, akhirnya Mandala Shoji menyerahkan diri ke Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat (Jakpus), Jumat (8/2/2019). Mandala datang didampingi tim penguasa hukum Elza Syarief beserta keluarganya.

Mandala pun kemudian menjalani proses administrasi dalam rangka eksekusi. Pengecekan kesehatan juga dilakukan terhadap Mandala.

“Yang bersangkutan secara gentle dan kita apresiasi langkahnya menyerahkan diri,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat Kuntadi di kantor Kejari Jakarta Pusat, Kemayoran, Jumat (8/2/2019).

Menurut Kuntadi, usai menyerahkan diri, Mandala Shoji akan langsung dieksekusi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Salemba, Jakarta Pusat, malam ini juga.

Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN), Mandala Shoji alias Mandala Abadi ini sebelumnya dicari untuk eksekusi vonis PN Jakpus dalam kasus pidana pelanggaran kampanye Pemilu.

Mandala divonis bersalah melanggar aturan pemilu karena membagi-bagikan kupon umrah. Mandala Shoji divonis hukuman 3 bulan penjara dan denda Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

Sementara di Pengadilan Tinggi, pengajuan banding Mandala ditolak. Pengadilan Tinggi DKI memutuskan menguatkan putusan PN Jakpus.

Sebetulnya eksekusi Mandala akan dilakukan pada Senin (21/1) setelah salinan putusan diterima jaksa. Eksekusi saat itu disiapkan jaksa dengan didampingi Bawaslu Jakpus dan pihak kepolisian yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu.

Namun keberadaan Mandala Shoji tak terdeteksi meski tim mendatangi rumahnya di kawasan Pasar Minggu, Jaksel, Senin, 21 Januari.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here