Unik, Kota Ini Dipenuhi dengan Angka 11

0
94
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Kota ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kota-kota yang ada di belahan dunia lain. Kota bernama Solothurn yang terletak di Negara Swiss ini ternyata dipenuhi dengan angka 11.

Kota yang dipenuhi dengan bangunan masa lalu ini terletak di bagian barat daya Swiss. Terletak di bagian Barat daya Swiss. Lebih tepatnya, di kaki Gunung Weissenstein yang merupakan bagian dari Pegunungan Jura.

Foto : Istimewa

Pada tahun 1530 hingga tahun 1792, kota ini adalah tempat tinggal bagi duta besar Perancis untuk Swiss. Pembangunan kota lama pun dilakukan pada masa itu.

Hingga kini, gedung dan bangunan dari masa tersebut masih tegak berdiri. Bahkan kota yang satu ini sempat mendapatkan sebuah anugerah Wakker Prize.

Hal ini dikarenakan bagunan-bagunan kunonya masih sangat terjaga dan juga terawat dengan sangat baik. Tapi tidak hanya unik berkat keaslian bangunannya saja.

Foto : Istimewa

Masyarakat kota Solothurn amat menyukai angka 11. Hal tersebut terlihat dari bangunannya, terdapat 11 museum, 11 air mancur, serta 11 kapel dan gereja.

Bahkan jika kita berlibur ke kota ini jangan heran jika menemukan jam yang hanya ada angka 1 sampai 11 saja. Sebab angka 12 pada jam tersebut tidak ada. Ketika jam menunjukkan angka 11, jam akan berdenting 11 kali.

Pembangunan serba 11 ini sudah dilakukan sejak abad ke-15. Bahkan, salah satu bangunan penting di Solothurn, Gereja Katedral St. Ursus, juga dibangun dengan banyak angka 11.

Foto : istimewa

Luas langit-langit bangunan gereja ini adalah 3 x 11 meter. Di dalamnya terdapat 3 tangga, dan di masing-masing tangga terdapat 11 anak tangga. Di dalam gereja juga terdapat 11 altar.

Sedangkan lebar menara lonceng gereja adalah 6 x 11 m. Dan di dalam menara, terdapat 11 lonceng. Secara kebetulan, gereja ini juga dibangun dalam waktu 11 tahun, yaitu dari tahun 1762 hingga 1773.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here