Jumlah Caleg Mantan Napi Korupsi Bertambah Hingga 72 Orang

0
67
Foto : Tigapilarnews.com

Jakarta, namalonews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan penambahan nama caleg mantan narapidana korupsi. Sejumlah 32 nama baru tersebut disampaikan oleh Ketua KPU, Arief Budiman, dalam konferensi pers di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Menurut Arief, sebelumnya pihaknya telah mengumumkan 40 nama caleg koruptor beberapa waktu lalu. Namun ternyata ada sejumlah nama lain yang belum disampaikan oleh penyelenggara pemilu di daerah. Karena itu, KPU RI kemudian meminta KPU daerah untuk menyampaikan data tersebut.

“Kemudian hari ini sudah ada datanya. Sudah terverifikasi dan kemudian kami bisa menyampaikannya secara rinci,” ujar Arief.

Menurut Arief dengan tambahan nama baru ini, maka seluruh mantan napi koruptor yang ikut nyaleg di pilpres 2019 ini berjumlah 72 orang.

Dari data tersebut tercatat Partai Hanura menjadi parpol partai dengan jumlah caleg mantan koruptor terbanyak, yakni 11 orang. Disusul Partai Golkar dan Partai Demokrat dengan masing-masing 10 orang.

Disusul Partai Berkarya dengan 7 orang, Partai Gerindra 6 orang, PAN 6 orang, Partai Perindo 4 orang, PKPI 4 orang, PBB 3 orang, dan PPP 3 orang. Lalu ada PKB 2 orang, PDIP 2 orang, Partai Garuda 2 orang, PKS 2 orang. Sedangkan jumlah calon anggota DPD yang merupakan mantan koruptor sebanyak 9 orang.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here