Jokowi Lantik Syamsuar dan Edy Jadi Gubernur dan Wagub Riau Periode 2019-2024

0
94
Foto : Tribunnews.com

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Syamsuar dan Edy Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2019-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Pelantikan Syamsuar dan Edy ini berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 20/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

Acara pelantikan yang berlangsung sekitar pukul 09.00 WIB tersebut didahului dengan proses penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI kepada Syamsuar dan Edy. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

“Sebelum saudara mengucapkan sumpah berkenaan dengan pengesahan dan pengangakatan saudara sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa jabatan tahun 2019 -2024. Terlebih dahulu saya akan bertanya kepada saudara, apakah saudara saudara beragama Islam, bersediakah saudara-saudara diambil sumpah jabatan menurut agama Islam,” ujar Jokowi saat pelantikan.

“Bersedia,” jawab Syamsuar dan Edy berbarengan.

Jokowi pun kemudian melantik Syamsuar dan Edy seraya memandu membacakan sumpah dan jabatan.

Usai pengucapan sumpah jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau menandatangani berita acara pelantikan yang diikuti dengan pemberian ucapan selama dan ramah tamah.

Dalam acara pelantikan ini hadir juga Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso dan Ketua Partai Nasdem Surya Paloh.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here