Debat Ketiga Pilpres 2019, KPU Akan Kurangi Jumlah Tamu Undangan

0
101
Foto : tagar.id

Jakarta, namalonews.com – Dalam debat ketiga Pilpres 2019 yang digelar 17 Maret 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengurangi jumlah undangan (tamu) yang akan hadir. Debat tersebut akan menghadirkan cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPU Arief Budiman seusai menggelar rapat tertutup evaluasi Debat Pilpres Putaran Kedua di Kantor Pusat KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

Arief menyatakan jumlah tamu undangan capres-cawapres yang akan disediakan pihaknya pada debat putaran ketiga nanti adalah sebanyak 50 orang.

“Usulan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) juga tadi sudah disampaikan. Agar debat ini bisa lebih tenang, lebih nyaman, dan lebih fokus, jumlah pendukung diusulkan nanti dikurangi,” ujar Arief.

Menurut penilaian Arief, penambahan jumlah tamu undangan capres-cawapres dari 50 orang di debat putaran pertama menjadi 60 orang pada debat kedua kemarin, membuat situasi tidak kondusif.

Debat Pilpres Putaran ketiga nanti bertemakan Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial dan Budaya. Rencananya, debat dilaksankan di Hotel Sultan, Jakarta Selatan.

Selain itu, KPU juga telah mengeluarkan nama kandidat moderator Debat Pilpres Putaran Ketiga. Dua nama tersebut berasal dari media CNN Indonesia yakni Alfito Deannova Gintings dan Putri Ayuningtyas.

“Moderator juga tadi sudah diusulkan KPU, oleh TV penyelenggara (yaitu) Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas,” kata Arief.

Sementara ini KPU masih belum menentukan secara pasti kedua nama calon moderator tersebut. Karena Undang-Undang Pemilu menyebutkan bahwa KPU harus berkoordinasi dan mendapat persetujuan dari masing-masing paslon.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here