Jokowi : Apabila Ada yang Tidak Percaya Pembangunan 191.000 KM Jalan Desa, Silahkan Ukur Sendiri

0
895
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo sempat heran terhadap pihak yang meragukan pembangunan 191.000 kilometer jalan desa selama empat tahun pemerintahannya.

“Ada yang bilang, enggak mungkin. Sebab 191.000 Km itu panjang banget,” ujar Jokowi ketika berpidato pada acara pengarahan penyelenggara desa di Ancol, Jakarta, Rabu (21/2/2019).

Jokowi mengatakan bahwa jalan desa yang dibangun tentu tidaklah lurus seluruhnya. Pasti ada kelokan. Selain itu, tentu tidak hanya satu ruas jalan yang dibangun, melainkan beberapa ruas jalan.

Jokowi telah mencatat, satu desa bisa membangun 600 meter jalan. Sementara di Indonesia ada 74.900 desa. “Bagaimana kalau itu (600 meter jalan) dikerjakan selama empat tahun untuk 74.900 desa?” ujar Jokowi.

Ia melanjutkan, untuk pihak yang ragu atas panjang jalan desa yang telah dibangun sejak pemerintahannya untuk melakukan pengukuran sendiri.

“Kalau ada yang menyangsikan (pembangunan) 191.000 kilometer (jalan desa) dibilang tidak mungkin, ya silahkan ukur sendiri,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi tidak menyebutkan siapa-siapa yang menyangsikan pembangunan 191.000 kilometer jalan desa itu. Namun publik mengetahui bahwa Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak adalah salah satu pihak yang menyangsikan kinerja Jokowi itu.

Dalam cuitan yang diunggah Senin (18/2/2019), Dahnil menulis, “Jokowi klaim membangun jalan desa 191.000 kilometer. Ini sama dengan 4,8 kali keliling bumi atau 15 kali diameter bumi. Itu membangunnya kapan? Pakai ilmu simsalabim apa? Ternyata produsen kebohongan sesungguhnya terungkap pada debat malam tadi.”

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here