Kereta Terpanjang di Dunia Ini Hanya Berjalan Satu Kali Dalam Seminggu

0
1787
Foto : guideku

Jakarta, namalonews.com – Di Australia Selatan ternyata ada kereta api dengan gerbong terpanjang di dunia bernama The Ghan. Gerbongnya membentang sejauh 1,09 kilometer atau setara 12 kali panjang lapangan sepakbola.

Dikutip dari GuideKu, The Ghan dinobatkan sebagai kereta api terpanjang di dunia versi Guiness World Records. Beroperasi sejak 1929 kereta api ini menghubungkan Adelaide di Australia Selatan dengan kawasan Darwin di Australia bagian Utara.

Foto : guideku

The Ghan merupakan alat transportasi yang terpanjang mengungguli saudaranya yaitu kereta The Indian Pacific yang panjangnya mencapai 2.540 kaki (setara 774 meter), kereta jarak jauh di India 1.970 kaki (600 meter), serta kereta RC Locomotive di Swedia sepanjang 1.740 kaki (530 meter).

Kereta api legendaris ini hanya melakukan perjalanan selama satu kali dalam seminggu dengan catatan waktu tempuh 54 jam atau setara 3 hari 2 malam sekali jalan.

Foto : guideku

Dengan kecepatan 85 kilometer per jam menyisir lintasan sejauh 2.979 kilometer, The Ghan hanya melakukan pemberhentian satu kali dengan durasi sekitar 4 jam di Alice Springs, sebuah kota di antara Adelaide dan Darwin.

Dengan gerbong yang mencapai 44 buah, The Ghan bisa menampung hingga 5.800 penumpang sekali jalan. Untuk melayani penumpang sebanyak itu, The Ghan dilengkapi dengan 6 gerbong restoran, 5 gerbong lounge, serta gerbong khusus untuk barang bawaan traveler.

Selain itu ada sekitar 55 kru yang bertugas melayani para penumpang. Sekali perjalanan, The Ghan menyiapkan sekitar 190 kg daging ikan, 190 kg sayuran, serta 3.000 butir telur untuk sarapan penumpang.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here