Jokowi Bagikan 3.000 Sertifikat Tanah ke Warga Jakarta Selatan

0
119
Foto : ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 3.000 sertifikat tanah untuk warga Jakarta Selatan, di Gelanggang Remaja Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, (22/2/2019).

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut sertifikat lahan ini sangat penting artinya untuk rakyat. Rakyat menjadi memiliki hak hukum terhadap lahan yang dimilikinya.

“Kalau ada yang bilang bagi-bagi sertifikat tanah ini enggak ada gunanya, ya silahkan. Bilang begitu juga enggak apa-apa. Tapi saya yakini, program ini akan tetap akan ada,” kata Jokowi di GOR Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

“Tiap berkunjung ke daerah-daerah di seluruh tanah air, masalah yang sering ditemui adalah konflik tanah. Baik antarwarga dan perusahaan, atau antarwarga dan negara. Karena apa ? Karena tak punya bukti hak hukum atas tanah yang kita miliki,” tegasnya.

Selain itu, Jokowi mewanti-wanti masyarakat yang ingin menggadaikan sertifikatnya. Ia meminta agar menghitung kemampuan untuk mengangsur dan menggunakan seluruhnya untuk modal usaha.

Jokowi melarang sertifikat tanah tersebut digadaikan untuk membeli barang-barang mewah, seperti mobil atau motor, demi memenuhi gaya hidup.

“Karenanya cuma enam bulan, habis itu gak bisa mengangsur, mobil ditarik dealer, sertifikatnya hilang,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan program pemberdayaan masyarakat juga akan dilakukan dengan memberikan bimbingan usaha dan membantu akses usaha ke pasar.

Foto : ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Ia mengatakan penyerahan sertifikat ini dilakukan kepada warga yang berasal dari 16 kelurahan di Jakarta Selatan.

“Sebanyak 3.000 di Jakarta Selatan, 2.000 itu berasal dari 16 kelurahan, seperti, Bintaro, Pondok Labu, Cilandak, Jati Padang,” ujar Anies.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here