Sisik Hiu Ternyata Bisa Jadikan Pesawat Militer

0
241
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Setiap makhluk diciptakan Tuhan dengan berbagai manfaatnya, termasuk pula hewan seperti hiu. Siapa sangka dari hewan ganas ini bisa menjadi kunci untuk menciptakan pesawat militer yang gesit dan super cepat.

Angkatan Darat Amerika Serikat mengungkapkan sirip ikan Hiu Mako ternyata memberi petunjuk untuk membuat pesawat militer yang melesat lebih cepat.

Seperti dikutip dari Foxnews, Rabu ( 6/3/2019), Hiu Mako yang merupakan ikan hiu tercepat di dunia punya deretan sisik kecil yang punya pola khusus saat dipelajari.

Ternyata peran sisik itu membantu Hiu Mako bisa berenang secepat kilat. Hiu Mako bisa berenang dengan kecepatan 60 mil per jam tapi bisa juga melaju dengan kecepatan lebih yakni 80 mil per jam.

Rahasia kecepatan itu salah satunya adalah peran sisik yang disebut sebagai dentikel. Bentuknya mirip dengan gigi hiu kecil namun ramping.

Sehingga kalau dilihat sekilas dari sisi samping, kulit Hiu Mako terlihat mulus. Padahal kalau diteliti lebih detail sisik Hiu Mako itu sangat kasar seperti amplas.

Amy Lang, seorang insinyur aeronautika dari Universitas Alabama, Amerika Serikat yang memimpin penelitian ini, menjelaskan, dentikel akan berdinamika jika terjadi perubahan aliran air saat Hiu Mako berenang. Dentikel hiu ini akan naik jika muncul perubahan air.

“Aslinya dentikel itu sepenuhnya pasif, tapi terjadi (perubahan) dalam waktu sekitar 0,2 milidetik,” jelas Lang.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here