Harley Davidson Pernah Produksi Motor Listrik yang Bisa Mengaspal 6 Jam

0
127
Foto : Motopinas.com

Jakarta, namalonews.com – Akibat sumber bahan bakar yang kian menipis, pabrikan otomotif saat ini sedang giat memproduksi kendaraan listrik. Bukan hanya yang beroda empat, motor listrik pun sedang dipersiapkan untuk kendaraan massal.

Tapi tahukah kita bahwa sebenarnya Harley Davidson sudah jauh-jauh hari mengantisipasi menipisnya sumber bahan bakar dengan mengembangkan sepeda motor bertenaga listrik.

Seperti dikutip dari laman Motopinas, Senin (11/3/2019), pabrikan motor gede (moge) Amerika Serikat (AS) tersebut (Harley-Davidson) sudah mempunyai motor listrik sejak 1978 silam.

Foto : Motopinas.com

Motor listrik pertama Harley Davidson yakni tipe XLH sportster sebagai basis modelnya. Mesin konvensional V-Twin OHV 900 Cc yang menjadi basis motor tersebut diganti dengan motor listrik Baldor 24 Volt dengan suplai tenaga menggunakan empat baterai.

Dengan kekuatan tersebut, motor listrik pertama Harley Davidson mampu berakselerasi dari 0-80 kilometer per jam dengan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Kemampuan lain prototype Harley-Davidson listrik ini adalah mampu melaju di aspal selama 6 jam sekali pergantian baterai. Hal tersebut terbilang wajar mengingat bobot motor listrik ini mencapai 286 kg.

Harley-Davidson listrik pertama ini dibuat oleh Steve Fehr dari Transitron Electronic Corporation di Honolulu, Hawaii. Setelah berinvestasi sekitar 70.000 dolar AS atau setara Rp989 juta-an, Harley-Davidson listrik tersebut dilepas oleh Fehr untuk disimpan di Museum Tranportasi di Mequon sampai tahun 1999.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here