Microsoft Akan Akhiri Dukungan untuk Windows 7 dan Office 2010

0
149
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Microsoft memperingatkan kepada pengguna untuk tidak lagi menggunakan sistem operasi Windows 7. Microsoft telah mengkonfirmasi dukungan untuk Windows 7 akan berakhir pada 14 Januari 2020.

“Mulai bulan depan, jika Anda adalah pelanggan Windows 7, Anda dapat melihat pemberitahuan muncul di PC Windows 7 Anda,” jelas Matt Barlow, CVP Windows, dilansir dari TheVerge, Rabu (13/3/2019).

Artinya, pada tanggal tersebut, Microsoft tidak akan lagi mengirimkan pembaruan fitur dan keamanan untuk Windows 7 dan Microsoft Office 2010.

Sebagai gantinya, pengguna disarankan untuk beralih ke Windows 10 dan Office 365. Sebab, tidak ada jaminan keamanan setelah Microsoft  mengakhiri dukungan untuk iterasi tersebut.

Microsoft juga mengatakan jika pengguna masih tetap menggunakan Windows 7 maka pengguna harus mengeluarkan biaya lebih untuk maintenance.

Selain itu, Google sendiri juga memperingatan agar para pengguna Windows 7 segera beralih ke sistem operasi yang lebih baru.  Alasannya, Google menemukan celah keamanan di Windows 7 yang belum dapat diatasi.

Microsoft menyebut celah keamanan ini terletak di driver kernel Windows win32k.sys. Sementara celah keamanan tersebut tidak ada di Windows 10 karena sistem operasi itu dilengkapi mitigasi tambahan yang dapat memblokir aksi penyerangan dari bug semacam ini.

Oleh sebab itu, satu-satunya cara mencegah menjadi korban dari celah keamanan tersebut, Google menyarankan agar pengguna Windows 7 segera beralih ke Windows 10. Di sisi lain, apabila patch untuk bug tersebut sudah tersedia, pengguna harus segera memasangnya.

Windows 7 adalah sistem operasi lawas dari Microsoft. Sistem operasi ini pertama kali meluncur pada tahun 2009.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here