Tidak Seperti Avanza, Mitsubishi Belum Berencana Membuat Xpander 1.300 CC

0
169
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyatakan, Xpander telah menjadi mobil keluarga nomor satu di Indonesia. Hal itu dibuktikan dari pencapaian angka penjualan Xpander yang hanya mengandalkan satu varian mesin 1.500cc.

Apabila berdasarkan data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tahun 2018 Xpander masih belum bisa berhasil mengalahkan Toyota Avanza sebagai mobil nomor satu di Tanah Air. Hal tersebut dikarenakan Avanza terbantu oleh varian mesin 1.300 cc-nya yang paling banyak terjual.

Dalam data tersebut, dinyatakan penjualan wholesales Toyota Avanza tercatat sebanyak 82.167 unit. Sedangkan Mitsubishi Xpander yang mengisi posisi kedua menjual sebanyak 75.772 unit (27,8 persen pangsa pasar).

Meski seperti itu, MMKSI lewat Presiden Direkturnya, Naoya Nakamura, yakin terhadap Xpander akan berkembang dan pada akhirnya akan mengalahkan penjualan Avanza secara mutlak. Berbagai strategi pun telah ia rancang. Lalu apakah Xpander akan menghadirkan varian 1.300 CC?

“Ah tidak, (kita) berbeda (dengan Avanza). Tidak ada rencana produksi 1.300 cc,” jelas Direktur Penjualan & Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, Rabu (13/3/2019) malam.

Dengan demikian, Mitsubishi akan tetap mengandalkan Xpander bermesin 1.500 Ccnya.

“Namun kita juga punya strategi untuk membuat kendaraan ini dapat terjangkau oleh kalangan middle low (menengah ke bawah). Sebab kan awalnya Xpander itu dirancang untuk kelas menengah ke atas. Tapi dengan hadir berbagai varian, kita sudah bisa menggarap kelas yang menengah ke bawah tadi,” ujar Irwan.

“Sambutannya luar biasa oleh masyarakat Indonesia terhadap Xpander. Sehingga saat ini, hanya dalam kurun waktu satu setengah tahun, Xpander mencetak penjualan 100.000 unit. Ini rekor untuk mobil sekelas LMPV (Low Multi Purpose Vehicle),” lanjutnya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here