Anies Resmikan Pembangunan Jakarta International Stadium

0
70
Foto : SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun

 Jakarta, namalonews.com – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meresmikan pembangunan Jakarta International Stadium yang berada di atas lahan Taman BMW, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (14/3/2019).

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, tanggal 14 Maret 2019, kick off pembangunan Jakarta International Stadium secara resmi dinyatakan dimulai,” kata Anies.

“Hari ini adalah hari bersejarah dan membanggakan kita semua. Insya Allah dalam waktu sekitar dua tahun setengah kita akan menyaksikan yang selama ini menjadi cita-cita dan mimpi menjadi kenyataan di tempat ini,” jelas Anies.

Foto : ist

Anies pun mengimbau kepada warga Jakarta, jika nanti pembangunan stadion ini selesai. Ia berharap, warga dapat menjaga dengan baik, sebagai bentuk apresiasi kepada pihak yang sudah membangun stadion tersebut.

“Kita harus bisa menunjukkan bahwa penggunanya pun memiliki adab internasional dan tata cara yang kelas dunia. Perjalanan menuju pembangunan ini panjang dan berliku. Saya apresiasi semua pihak yang telah terlibat di dalam proses pembangunan stadion ini,” ujar Anies.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu mengatakan nantinya fasilitas di Jakarta Internasional Stadium dapat dimanfaatkan sebagai rekreasi.

Foto : ist

Kapasitas stadion dapat menampung 80-82.000 orang. Di stadion ini pun disiapkan fasilitas sosial lainnya ada masjid terapung, dimana pelatarannya dibuatkan saf agar para penonton bisa melaksanakan salat berjamaah.

“Kan di kita ini banyak pertandingan sepakbola dilakukan pukul 18.30 atau 19.30 WIB, sebelumnya orang harus salat maghrib itu yang harus kita bikin. Di setiap titik harus kita perbanyak toilet dan tempat resum. Di satu sisi masyarakat wisata air dengan danau Sunter kita bikin sekelilingya menjadi jogging track yang menjadi fasilitas publik,” jelas Dwi.

Untuk anggarannya, Dwi mengatakan, melalui Penyertaan Modal Daerah (PMD) yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI.

“Pada APBD 2018, pihaknya mengajukan anggaran Rp 5 Triliun dan sudah disetujui sekitar Rp 900 miliar yang akan digunakan sebagai pengerjaan awal. Sisanya nanti akan dibangun semacam kawasan komersil dengan tujuan self financing kebutuhan perawatan stadion itu sendiri,” kata Dwi.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here