Kelenteng Bersejarah Tay Kak Sie di Semarang Ludes Terbakar

0
578
Foto : CnnIndonesia

Jakarta, namalonews.com – Kebakaran hebat terjadi di Rumah abu dan Balai Pengobatan Tjie Lam Tjay di kawasan Kelenteng Tay Kak Sie, Gang Lombok, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (21/3/2019).

Dari informasi, kebakaran diketahui pada sekitar pukul 05.30 WIB. Api tiba-tiba terlihat sudah berkobar di dalam rumah dan langsung menjalar ke seluruh bangunan.

Kebakaran ini juga meminta korban. Seorang juru kunci bernama Om Lhay, usia 70 tahun, ditemukan tewas di antara puing-puing, karena terjebak kobaran api.

Rumah abu itu biasa digunakan sebagai tempat penghormatan orang meninggal yang telah dikremasi. Abu jenazah kemudian disimpan di sebuah pasu, yakni guci untuk menyimpan sisa kremasi almarhum.

Foto : Amanda A. Alena

Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, yang berdiri pada 1746 awalnya untuk memuja Dewi Welas Asih, Kwan Sie Im Po Sat. Pada perkembangannya rumah ibadah itu menjadi kelenteng besar yang juga untuk memuja berbagai dewa-dewi Tao.

Tempat ibadah ini memiliki catatan sejarah panjang karena usianya sudah mencapai 2,5 abad. Terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berdiri gagah tepat di depan kelenteng.

Tay Kak Sie memiliki makna sebagai Kuil Kesadaran Agung. Kelenteng ini menggunakan kata Sie yang merupakan ciri kuil-kuil Buddha di daratan Tiongkok.

Keberadaan kelenteng yang lebih dikenal sebagai Kelenteng Gang Lombok ini tak terlepas dari sejarah Zheng He, laksamana Tiongkok yang pernah memimpin tujuh ekspedisi besar ke berbagai penjuru dunia.

Zheng He atau Cheng Ho berlabuh di semarang pada 30 Juni. Oleh karena itu setiap tahun selalu diperingati dengan pawai yang diramaikan rombongan liong dan barongsay.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here