Bus Listrik Transjakarta Terus Diujicoba Terutama Pada Kondisi Banjir

0
181
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – PT Transportasi Jakarta akan mulai menjajal bus bertenaga listrik selama enam bulan kedepan, selain ramah lingkungan, bus ini juga hemat energi.

Ada dua merek bus yang akan diuju coba, Produk karya PT Mobil Anak Bangsa (MAB) serta PT Bakrie & Brothers (BNBR) pun siap diuji coba, diajak mengaspal dan menghadapi keseharian jalan-jalan raya di Jakarta, lewat berbagai koridor yang berada dalam area Bus Rapid Transit (BRT) TransJakarta.

Direktur Utama PT TransJakarta, Agung Wicaksana menjelaskan bahwa dua bus listrik dari pabrikan PT MAB dan PT BNBR tadi seharusnya sudah teruji aman dari air, mengingat beberapa titik jalanan di Jakarta kerap terjadi genangan banjir.

“Di berbagai kota sudah berjalan seperti itu, jadi seharusnya bisa diantisipasi. Jadi ini bukan barang yang dibuat-buat, bukan main-main, harusnya sesuatu yang sudah teruji,” kata Agung Wicaksana di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (21/03/2019).

Ia juga menjelaskan bus bertenaga listrik seperti ini sudah digunakan oleh pemerintah Kota Shenzhen, Guangdong, Cina sebanyak 16 ribu armada, sehingga seharusnya sudah teruji keamanannya.

“Di Kota Shenzhen sudah berjalan 16 ribu dan berjalan dengan baik,” ujar Agung Wicaksana mencontohkan.

Meski begitu, ia menyatakan kemungkinan kerusakan pada bus listrik tetap ada sehingga tidak menutup kemungkinan bisa terjadi gangguan seperti kebakaran atau tidak tahan air.

“Brand apapun bisa saja ada (kemungkinan gangguan). Namun ini berbeda, kualitasnya, dan sudah digunakan di 50 negara, mencapai 50 ribu unit,” tambahnya.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here