Resmi, Tarif Ojek Online Rp 2.000/Km di Jabodetabek

0
64
Foto : © Warta Ekonomi

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengumumkan tarif ojek online berdasarkan zona, saat konferensi pers di Ruang Singosari, Gedung Karsa, Kementerian Perhubungan, Senin (25/3/2019) .

Dalam penentuan tarif ojek online, ada 3 zona yang digunakan. Pada zona I untuk wilayah Sumatera, Bali, Jawa (selain Jabodetabek). Pada zona II adalah untuk wilayah Jabodetabek. Dan untuk zona III untuk wilayah Sulawesi, Luar Bali, Maluku, NTB. Aturan Tarif tersebut berlaku mulai 1 Mei 2019.

Untuk batas bawah tarif ojek online terendah ditetapkan pada zona I sebesar Rp1.850 per km. Sedangkan batas bawah tarif zona II ditetapkan sebesar Rp2.000 per km dan zona III ditetapkan sebesar Rp2.100 per km.

Sementara batas atas tarif tertinggi ditetapkan untuk zona III sebesar Rp2.600 per km, kemudian zona II sebesar Rp2.500 per km, dan zona I Rp2.300 per km.

Untuk tarif 4 km pertama atau biaya jasa minimal, zona I dan III ditetapkan Rp 7.000 – Rp 10.000/Km. Sedangkan untuk zona II ditetapkan Rp 8.000 – Rp 10.000/Km.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan tarif ojek online komponennya 20% biaya tidak langsung di aplikator dan 80% hak pengemudi.

“Kenapa Jabodetabek menjadi berbeda dari yg lain karena untuk pola perjalanan ojol di Jakarta merupakan kebutuhan primer. Ini hasil riset juga, Artinya ojol sudah jadi kebutuhan utama saat masyarakat dari rumah ke feeder kendaraan umum lain,” ujar Budi Setiyadi dalam konferensi pers di kantor Kemenhub, Senin (25/3/2019).

“Untuk zona II Rp2.000 per km nett. Ini ada biaya aplikator 20 persen dan aplikator akan memberikan subsidi,” lanjutnya.

Budi menambahkan dalam sistem transportasi online tersebut  tidak mengenal prinsip promosi.

“Kalau menyangkut promo, dalam rezim atau prinsip transportasi, kita tidak mengenal promo. Kalau pun ada promo, tetap nett tidak boleh turun dari angka yang sudah kita tentukan,” jelas Budi.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here