Honda Brio Rakitan Karawang Resmi Diekspor ke Vietnam dan Filipina

0
137
Foto : Bisnis.com

Jakarta, namalonews.com – Bertepatan dengan ulang tahun ke-20 PT Honda Prospect Motor (HPM), Honda resmi mengekspor All-New Honda Brio rakitan Karawang ke Vietnam dan Filipina.

Presiden PT Honda Prospect Motor (HPM) Takehiro Watanabe mengungkapkan bahwa bisnis otomotif Honda di Indonesia dimulai tahun 1973, dan mulai melakukan produksi pada tahun 2003 dengan kapasitas 3.000 unit per tahun.

“Hari ini merupakan 20 tahun usia HPM di Indonesia. Perayaan ini semakin meriah dengan peresmian ekspor All-New Honda Brio,” kata Takehiro dalam  acara 20th Anniversary of PT Honda Prospect Motor & Line Off New Brio Export di pabrik Honda, Kawasan Industri Karawang Mitra (KIM) Karawang Timur, Selasa (26/3/2019).

Honda Brio pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2012. Tahun berikutnya Honda mengeluarkan Honda Brio Satya. Lalu di 2018 Honda resmi meluncurkan Honda Brio generasi kedua. Generasi kedua  ini dikembangkan dan diproduksi  untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

“Kini kami menerima banyak permintaan dari konsumen Filipina dan Vietnam. Maka itu kami membuat model Brio dengan setir kiri untuk memenuhi regulasi mereka,” kata Takehiro.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartato memuji kemampuan warga Indonesia dalam dunia otomotif yang mampu bersaing di luar negeri.

“Ekspor perdana All New Brio akan dilakukan ke negara Vietnam dan Filipina. Adapun nilai ekspor tersebut kurang lebih Rp 1 triliun dengan TKDN mencapai 89%. Ini menarik sebab mobil rakitan Indonesia bisa dinikmati dan diminati mancanegara. Bukan hanya di pasar nasional,” ujar Airlangga di Karawang, Jawa Barat, Selasa (26/3/2019).

“Ini juga menjadi capaian yang membanggakan bagi industri otomotif nasional maupun kita semua karena produk Indonesia bisa diterima dengan baik di negara tujuan,” lanjutnya.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here