Boeing Rilis Update Software Untuk Atasi Masalah Pada Pesawat Seri 737 MAX

0
150
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Boeing merilis update software untuk varian pesawat 737 MAX, menyusul tekanan global pasca-jatuhnya 2 pesawat B737 MAX dalam kurun waktu hanya lima bulan.

Software yang diluncurkan sementara telah disetujui oleh otoritas penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FFA), disamping  Boeing melakukan penyempurnaan.

Update software yang diberikan oleh Boeing adalah sistem anti-stall MCAS (Maneuvering Characyeristics Augmentation System). MCAS ini yang menjadi penyebab utama jatuhnya pesawat Lion Air JT610 dan Ethiopian Airlines ET302. MCAS bekerja otomatis dan akan menurunkan hidung pesawat meski autopilot dimatikan.

Hidung pesawat yang cenderung naik ini disebabkan oleh karakteristik mesin baru (CFM LEAP 1B) yang dipasang di B737 MAX. Kini, dengan update software terbaru, MCAS tidak serta merta akan menurunkan hidung pesawat.

Pada dasarnya, Boeing akan menggunakan dua sumber data angle of attack (AoA) di hidung pesawat B737 MAX. Sebelumnya, MCAS hanya mengandalkan satu input data AoA saja.

Selain merilis pembaruan software, Boeing juga mewajibkan pada pilot untuk diberikan training atau pengetahuan tentang perbedaan B737 NG dengan B737 MAX lebih dini, yakni di tahap sebelum mereka mendapatkan rating B737.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here