Jokowi : Kasus Surat Suara Tercoblos Adalah Kewenangan KPU

0
25
Foto : Merdeka.com

Jakarta, namalonews.com –  Presiden Jokowi mengatakan permasalahan pemilu seperti kasus surat suara tercoblos di Malaysia untuk dirinya adalah kewenangan penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai penyelenggara pemilu.

Menurut capres pertahana ini, pemerintah tak bisa mencampuri urusan lembaga penyelenggara pemilu yang bersifat independen itu.

“Ingat ya ini urusan pemilu, urusannya KPU yang independen. KPU di luar negeri itu ada yang namanya PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri). Tidak ada urusan pemerintahan yang di sini, enggak ada,” ucap Jokowi usai kampanye di Sentul, Bogor, Jawa Barat pada Jumat (12/4/2019)

Jokowi pun meminta untuk menyerahkan kasus penemuan surat suara pemilu 2019 yang tercoblos untuk dirinya di Malaysia ini ke Bawaslu dan kepolisian.

“Kita serahkan ke Bawaslu. Pelanggaran pemilu ini kan kewenangan Bawaslu. Kalau mekanisme pidana ya di polisi. Itu aja udah,” katanya.

“Kalau ada yang dilanggar, Bawaslu bisa menindak, kalau ada pidananya, Polri harus tegas lakukan tindakan hukum. Supaya ini jadi pemilu yang jujur, adil, jangan meresahkan masyarakat dengan hal seperti itu,” jelas Jokowi.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here