Hidayat Nur Wahid : KPU Tidak Turut Tenang Karena Masih Ada Masalah Soal Pemilu

0
3292
Foto : Muslim Obsession

Jakarta, namalonews.com – Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN, Hidayat Nur Wahid (HNW) mengingatkan, memasuki masa tenang ini, KPU sebaiknya tidak turut tenang mengingat masih adanya masalah soal Pemilu di luar negeri.

Menanggapi soal surat suara yang tercoblos di Malaysia dan hanya dianggap sebagai sampah, HNW sempat bingung. Sebab menurutnya temuan tersebut masuk dalam kecurangan Pemilu 2019.

“Aneh kalau KPU menganggap hal itu hanya sampah dan tidak perlu dihitung. Sudah jelas di situ ada kertas tercoblos dengan jumlah banyak,” kata Hidayat di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senin (15/4/2019).

Hidayat menilai kalau masa tenang sekarang ini bukan berarti menjadi kesempatan bagi kecurangan di Pemilu 2019 itu kemudian dibiarkan.

Kemudian Hidayat meminta kepada KPU untuk segera menuntaskan segala masalah yang merujuk kepada adanya dugaan kecurangan.

Sebelumnya, KPU  menyatakan surat suara yang diduga tercoblos di Selangor, Malaysia, sudah dianggap sebagai sampah karena belum bisa dipastikan keasliannya.

Hal tersebut disebabkan KPU tidak diberikan akses oleh polisi setempat untuk memeriksa temuan surat suara itu.

“Kami tidak menghitung yang (surat suara) ditemukan itu, dianggap sampah saja,” kata Komisioner KPU RI Ilham Saputra di kantor KPU RI di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (14/3/2019).

Tidak dihitungnya surat suara yang diduga tercoblos itu, lanjut Ilham, tidak akan mempengaruhi ketersediaan surat suara khususnya untuk metode pemungutan lewat pos.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here