Garin Nugroho Mengangkat Budaya Lokal di Film ‘Kucumbu Tubuh Indahku’

0
73
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Sutradara Garin Nugroho kembali mengangkat budaya lokal di film terbarunya yang diberi judul Kucumbu Tubuh Indahku.

Sebelumnya film ini telah berkeliling lebih dahulu di berbagai festival film dunia. Kemudian akhirnya akan tayang di bioskop pada tanggal 18 April 2019.

Kucumbu Tubuh Indahku terinspirasi dari kisah Rianto, seorang penari dan koreografer ternama yang menguasai berbagai jenis tarian yang telah membawa tubuh maskulin dan femininnya keliling dunia.

“Jadi ini memang metafora tubuh kita itu tubuh yang terperangkap dalam trauma-trauma yang tidak bisa dipecahkan masalahnya,” kata Garin saat ditemui di XXI Plaza Indonesia, kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (15/4/2019).

Foto : Kompasiana

Garin Nugroho pun mengakui filmnya yang dibuat kali ini jarang dibuat oleh para sineas dunia. Bahkan karena inilah Unesco memberi penghargaan kepada film yang telah mengikuti  31 festival internasional.

Sutradara film Daun di Atas Bantal ini mengaku selalu membuat film yang temanya tidak pernah sama. Kemudian tema langka dengan sudut pandang langka dan tema-tema yang selalu disebut berbeda dengan sudut pandang berbeda.

“Tubuh yang kita lihat di kelas menengah ke bawah itu langka sekali, UNESCO memilih ini menjadi cultural diversity itu karena merepresentasikan atau film yang mampu menjalin masalah-masalah ini dengan berbagai perspektif budaya,” ujar sutradara berusia 57 tahun ini.

Film Kucumbu Tubuh Indahku atau Memories of My Body ini di bintangi oleh seorang aktor teater: Muhammad Khan yang berperan sebagai Juno Remaja.

Selain itu Garin juga mengajak Raditya Evandra sebagai Juno Kecil. Kemudian Sujiwo Tejo (Guru Lengger), Teuku Rifnu Wikana (Bupati), dan Randy Pangalila sebagai seorang petinju.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here