Gucci Sumbang Rp 1,5 T untuk Bangun Kembali Notre Dame

0
83
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Kebakaran hebat yang menghanguskan bangunan bersejarah Katedral Notre Dame di Prancis, Senin (15/4/2019) waktu setempat menuai banyak simpati.

Pemilik rumah mode Gucci, Francois-Henri Pinault, akan menyumbangkan 100 juta Euro atau setara dengan Rp 1,591 triliun untuk membangun kembali Katedral Notre Dame.

“Uang ini digunakan untuk membiayai upaya yang diperlukan untuk membangun kembali Notre Dame,” kata Pinault, seperti dilansir AFP, Selasa (16/4).

Sementara itu CEO grup Kering yang juga pemilik Yves Saint Laurent menyebut, akan membayarkan sumbangannya melalui perusahaan investasi milik keluarganya, Artemis.

Foto : ist

Katedral Notre Dame saat ini memang sedang direnovasi. Hal tersebut dilakukan agar bangunan yang telah berdiri selama 850 tahun itu dapat lebih kuat menghadapi perkembangan waktu.

Meski penyebab pasti kebakaran belum diketahui, namun petugas kebakaran mengatakan kejadian ini bisa saja”berkaitan” dengan renovasi yang sedang berlangsung.

Katedral Notre Dame dibangun sekitar tahun 1163 sampai 1345. Bangunan ini merupakan salah satu lokasi wisata yang banyak dikunjungi turis dan menarik perhatian 13 juta orang setiap tahun.

Puncak katedral juga telah beberapa kali direnovasi. Biayanya bahkan mencapai 11 juta Euro yang berasal dari anggaran negara. Renovasi perlu dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang diakibatkan perkembangan waktu, polusi, dan udara.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here