Sentra Tanaman Hias di Tawangmangu Memiliki Potensi Ekspor

0
69
Foto : Dok. Kementan

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Pertanian (Kementan) terus memacu peningkatakan produksi komoditas pertanian, khususnya tanaman hias yang memiliki potensi pasar ekspor yang terbuka lebar.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan pada Minggu (21/4/2019), Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menyebut Indonesia sangat kaya akan komoditas tanaman hias.

Indonesia, katanya, memiliki 173 jenis tanaman hias dengan ribuan jenis varietas yang tersebar di berbagai daerah. Salah satunya yang tengah dikembangkan saat ini terdapat di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Lokasi desa ini sangat strategis, dataran tinggi dan daerah tujuan wisata. Desa Nglurah menjadi sentra tanaman hias dengan 130 jenis tanaman antorium, krisan anggrek, pakis, kaktus, bonsai, dan lainnya,” ungkap Suwandi

Suwandi menyebutkan Kementan hingga saat ini terus mendorong sentra-sentra tanaman hias sejenis di daerah lain agar produksi dan volume ekspor semakin meningkat setiap tahunnya.

Tanaman hias, lanjutnya, biasanya tumbuh subur di dataran tinggi, seperi di Brastagi, Solok, Puncak, Lembang, Tawangmangu, Batu Malang, dan lainnya.
“Kita targetkan tanaman hias yang petani produksi berkualitas ekspor agar pendapatan petani dan negara meningkat. Ini pasti bisa karena tanaman hias kita memiliki daya saing yang tinggi di pasar dunia,” terangnya.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here