Jokowi : Sekitar 700 UKM Sektor Kerajinan Mampu Menyerap 1,3 Juta Orang Tenaga Kerja

0
121
Foto : Okezone

Jakarta, namalonews.com – Presiden Joko Widodo meresmikan pembukaan Pameran The 21st Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Dalam kesempatan tersebut Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa industri kerajinan tangan tanah air mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Menurutnya, hingga saat ini tercatat ada sekitar 700 UKM sektor kerajinan dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 1,3 juta orang.

“Disampaikan jumlah UKM kerajinan ini sudah mencapai 700 ribu unit usaha yang menyerap hampir 1,3 juta tenaga kerja,” kata Jokowi.

Namun demikian Jokowi menilai angka tersebut masih kecil dan bisa terus dikembangkan.

“Bayangkan kalau pangsa pasar naik, artinya akan lebih banyak UKM kita yang berkembang dan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bisa direkrut dari kegiatan kerajinan kita ini,” katanya.

Mantan Wali Kota Solo ini kemudian meminta kepada seluruh pelaku usaha sektor kerajinan untuk terus kreatif dan inovasi dalam memanfaatkan pasar internasional.

Jokowi juga menambahkan, produk kerajinan Indonesia harus terus dikembangkan dari segi kualitas hingga produktivitasnya. Hal ini demi memenuhi pasar ekspor produk kerajinan.

Menurutnya, kinerja ekspor Indonesia saat ini tercatat 1,26 persen dari total pangsa pasar kerajinan dunia atau baru mencapai 1,2 miliar Dollar AS.

Dalam pameran yang akan berlangsung hingga 28 April 2019, Jokowi didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Seskab Pramono Anung, serta Wakil Ketua Asephi Gusmardi Bustami.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here