Kerjasama RI-Korsel Untuk Sertifikasi UKM Melalui Innobiz

0
73
Foto : Garuda News

Jakarta, namalonews.com – Indonesia dan Korea Selatan (Korsel) melakukan kerjasama dengan menggelar acara pertemuan ‘Proposal for The Innobiz Project’, di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Innobiz merupakan sistem sertifikasi asal Korea Selatan meningkatkan kualitas dan daya saing UKM Indonesia di pasar global.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman menyambut baik kehadiran sistem sertifikasi asal Korea Selatan ini.

“Selain itu, dengan sistem Innobiz ini juga diharapkan dapat membangun jejaring bisnis UKM di Indonesia. Saya juga berharap akan tercipta satu transfer teknologi bagi UKM Indonesia,” kata Hanung.

“Kita juga memiliki 62,9 juta unit skala UKM. Ini menjadi tantangan kita untuk meningkatkan daya saing mereka di pasar domestik dan global. Terutama dalam hal pemanfaatan teknologi,” lanjut Hanung.

“Kita juga memiliki program standarisasi mutu dan produk, disamping fasilitasi merek dan kemasan, hingga fasilitasi produk UKM untuk ekspor,” ungkap Hanung.

Menurut Hanung, berbagai insentif pun sudah diberikan untuk UKM dalam meningkatkan daya saing produknya di pasaran, salah satunya adalah tax holiday.

“Jadi, kerjasama dengan sistem sertifikasi Innobiz ini bisa kita pertimbangkan sebagai salah satu syarat untuk mendapat insentif dari pemerintah. Disamping untuk meningkatkan sistem sertifikasi di Indonesia,” pungkas Hanung.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here