Menengok Sriyono, Pengrajin dari Sukoharjo yang Sukses Mengekspor Kain Pantai ke Mancanegara

0
56
Foto : Foto : Dok : LPDB – KUMKM

Jakarta, namalonews.com – Di Desa Krajan, Kelurahan Laban, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usaha kain pantai. Salah satu kisah sukses tersebut dialami seorang lelaki paruh baya bernama Sriyono.

Berbekal bakatnya dalam dunia seni batik telah mengantarkan Sriyono ke bisnis kain pantai. Pasarnya pun sampai tembus ke luar negeri, baik Asia maupun Eropa.

Sriyono mulai menekuni bisnis kain pantai setelah tidak lagi menjadi pekerja buruh pembuat batik tulis di Kota Solo, Jateng, sekitar tahun 1975.

Kemudian pada 1995, Sriyono mulai mencoba membangun usaha sendiri dengan membuat kain pantai. Kala itu pria ini bekerja hanya ditemani sang istri di sebuah kontrakan, yang sekaligus menjadi tempat untuk tinggal mereka berdua.

Foto : mediatama.com

Baru dua tahun merintis usahanya terkena dampak krisis moneter. Bahan baku kain putih sangat mengandalkan impor dan tergantung pada mata uang dolar Amerika Serikat.

Sriyono tak menyerah sampai disitu, pada tahun 2000, ia mencoba memulai lagi membangun usahanya dengan mengajukan pinjaman dari BPR Kartasura Makmur. Uang pinjaman itu ia gunakan untuk membeli sebidang tanah dan bahan baku.

Banjir pesanan pun tak terbendung lagi. Sriyono pun merekrut karyawan karena banjir pesanan. Dari lima orang kini terus bertambah menjadi 30 orang. Rupanya usaha Sriyono telah membawa berkah tersendiri bagi warga di desanya.

Sriyono menyadari kemampuannya terbatas, sehingga ia tidak bisa memenuhi seluruh permintaan pasar. Ia pun mengajak masyarakat setempat untuk belajar dan mencoba menekuni bisnis itu.

Selama ini Sriyono dikenal tidak pelit berbagi ilmu pada tetangga dan masyarakat. Ia bahkan terbilang seorang yang jenius. Meski hanya lulusan sekolah dasar, ternyata ia bisa mensejahterakan orang-orang di sekitar lingkungannya.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here