Sinergi Kemenkop UKM dan Pemkab Sleman untuk Tingkatkan Kapasitas SDM Koperasi

0
61
Foto : Dok.Kemenkop dan UKM

Jakarta, namalonews.com – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop-UKM) bersama Markplus.inc bersinergi dengan Pemkab Sleman dalam meningkatkan kinerja dan kapasitas SDM pelaku koperasi dan UMKM di Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Sinergi ini dilakukan mengingat wilayah Sleman mempunyai potensi yang cukup besar untuk dikembangkan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Deputi Pengembangan SDM Kemenkop-UKM, Rulli Nuryanto menerangkan, di kabupaten ini banyak terdapat perguruan tinggi negeri yang tidak hanya dimanfaatkan masyarakat lokal saja (Sleman), tetapi juga penduduk dari luar Sleman, bahkan di luar DI Yogyakarta sebagai tempat menuntut ilmu.

“Banyaknya pendatang yang tinggal di wilayah Kabupaten Sleman untuk menuntut ilmu membuat tingkat perputaran ekonomi di wilayah ini cukup tinggi. Hal ini menjadi potensi tersendiri untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan warga Sleman,” ujar Rulli, di The Rich Hotel, Sleman, Yogyakarta, Selasa (23/4/2019).

Selain itu, Sleman juga memiliki potensi lain, seperti di bidang komoditas pertanian dengan sejumlah produk unggulannya seperti salak pondoh, mendong, sapi potong, dan budi daya lele.

“Sleman juga banyak potensi wisata, baik itu wisata desa, budaya, alam, pendidikan sampai sejarah termasuk di dalamnya candi dan monumen. Dan, potensi wisata ini pada 2017 mampu mendatangkan wisatawan sebesar 7,2 juta orang wisatawan,” papar Rulli.

Dalam sinergi ini dilakukan sejumlah kegiatan, seperti pelatihan perkoperasian di era digital, pelatihan vokasional, kewirausahaan, uji kompetensi SDM KUMKM melalui SKKNI bidang ritel koperasi, dan bimtek ketahanan usaha KUMKM.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here