Raup Keuntungan Besar dari Peluang Usaha Bawang Goreng Kemasan

0
854
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Bawang merupakan bumbu yang wajib ada di setiap masakan. Bawang goreng dulu hanya dijual di pasar- pasar tradisional dan dimasak di rumah. Kini, Bawang goreng kemasan bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Apabila ingin memulai peluang usaha ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar bawang goreng dapat di produksi dengan layak dan diterima oleh konsumen.

Bahan utama dari usaha ini adalah bawang merah. Usahakan mencari bawang yang masih segar dan kulitnya tidak basah. Carilah bawang merah dengan ukuran yang besar .Harga bawang merah sendiri, kisaran Rp 30.000 – Rp 52.000/kg.

Alat yang dibutuhkan untuk mulai membuat bawang goreng kemasan Anda seperti penggorengan,alat potong iris khusus bawang, minyak goreng, penyaring minyak.

Untuk mendapatkan hasil irisan yang rapi dan besar, gunakan alat potong yang tajam dan kalau perlu beli alat potong iris khusus bawang dengan kisaran harga Rp 24.000 – Rp 50.000.

Ketika menggoreng bawang merah, alangkah baiknya jika menggunakan jenis minyak nabati. Minyak nabati adalah minyak yang diperoleh dari ekstrak berbagai macam tumbuhan.

Minyak nabati ini memiliki kandungan omega 3 dan omega 6 yang tinggi. Sehingga bagus untuk kesehatan dan mampu mencegah kolesterol dan jantung koroner. Selain itu juga dapat mengurangi penuaan dini, sebagai antioksidan dan mengendalikan gula darah.

Supaya hasil gorengnya lebih renyah, gunakan penyaring minyak dengan harga Rp 15.000,- agar tidak ada lagi kandungan minyak yang ada di bawang goreng. Ini juga bisa membuat bawang goreng menjadi krispi dan lebih awet jika didiamkan lebih lama.

Untuk memikat konsumen yang beli, gunakan kemasan yang berbeda dari yang lain. Dari segi desain kemasan, harus dibuat lebih menarik. Berikan nama produk bawang goreng kemasan Anda pada kemasan sehingga akan membantu pemasaran produk tersebut dan buat varian bawang goreng kemasan mulai dari harga termurah hingga harga kiloan, sehingga banyak orang yang memilih sesuai kebutuhan mereka.

Selain itu, buatlah kemasan yang mampu memberikan daya tahan yang bagus untuk bawang goreng ini. Diusahakan menggunakan kemasan toples bukan plastik. Namun jika ingin menggunakan plastik, usahakan dikemas secara kedap udara.

Untuk memasarkannya, jangan hanya menjual di daerah terdekat saja. Gunakanlah media online dengan membuat website, aktif di media sosial atau onlineshop di Indonesia seperti Namalo.

Cara lain untuk memasarkannya bisa dititipkan produk bawang goreng kemasan ke toko oleh-oleh khas daerah Anda. Dalam memilih toko pusat oleh-oleh pun sebaiknya pilih yang ramai dikunjungi pengunjung dari luar daerah agar produk Anda lebih cepat dikenal.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here