Keuntungan Bisnis Foto Studio Begitu Menggiurkan

0
256
Foto : Helopedia.com

Jakarta, namalonews.com – Seni fotografi saat ini bukan sesuatu yang asing bagi masyarakat di Indonesia. Dengan berbekal sebuah handphone android, bisa diciptakan foto-foto yang bagus.

Namun ada juga yang serius menggeluti hobi fotografi ini. Mereka menggunakan kamera digital yang teknologinya sedikit modern dibandingkan handphone.

Dari hobi membidik kamera ini, sebenarnya bisa menghasilkan uang yang lumayan jika mau diseriusi, yakni dengan membuka studio foto.

Usaha ini bisa dirintis yang tadinya sekedar hobi menjadi usaha kecil-kecilan bersama dengan peralatan secukupnya.

Merintis usaha studio foto sebenarnya peralatan yang digunakan terhitung hampir sama dengan keperluan untuk merintis usaha foto pernikahan.

Ada beberapa area yang dibutuhkan untuk usaha studio foto ini misalnya area pemotretan (studio), area penyimpanan peralatan, area layanan, area pajang beraneka barang yang dijual, dan lain sebagainya.

Foto : direktoribisnis.net

Kebutuhan area di dalam merintis usaha studio foto bisa disesuaikan bersama dengan kebutuhan. Semakin besar usaha yang dikerjakan secara otomatis  akan membutuhkan area yang lebih luas.

Berikut ini rincian biaya modal usaha jasa fotografer professional :

▪ Biaya Investasi

  1. Kamera DSLR beserta lensa tambahan =Rp 13 juta
  2. Lampu Blitz, Tripod, payung harga =Rp 4 juta
  3. Pembuatan Website jasa fotografer =Rp 1 juta
  4. Brosur, spanduk dan papan nama =Rp 2 juta

Total biaya investasi sebesar =Rp 20 juta.

▪ Biaya Operasional

  1. Gaji karyawan untuk 2 orang =Rp 2 juta
  2. Biaya Promosi =Rp 1 juta

Total biaya operasional = Rp 3 juta

Penghasilan Per Bulan

Jika di dalam satu bulan kamu mendapatkan orderan 4 paket acara sesi poto prewedding bersama dengan harga jasa perpaket sebesar Rp 2 juta maka keuntungan yang didapatkan sebesar Rp 8 juta per bulan (Rp 2 juta x 4).

Biaya jasa fotografer profesional bagi pesta pernikahan dipatok sebesar Rp 1 juta. Lalu, seumpama tersedia pesanan jasa fotografer 4 pesta pernikahan di dalam sebulan, maka omset sekitar Rp 4 juta.

Keseluruhan keuntungan kotor yang didapatkan berasal dari usaha jasa fotografer profesional sebesar Rp 12 juta per bulan. Dikurangi biaya operasional usaha, maka omset bersih sebesar Rp 9 juta per bulan.

Dengan modal sebesar Rp 12.500.000 sudah bisa menjadi seorang pengusaha studio foto. Juga  bisa meraup untung besar yang berasal dari pelanggan yang membutuhkan jasa pas foto, foto wisuda, foto keluarga, foto pernikahan, dan terhitung cetak foto.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here