Usaha Menjahit Pakaian Rumahan dengan Modal Terjangkau

0
235
Foto : ist

Jakarta, namalonews.com – Di tengah banyaknya berbagai pakaian jadi dengan aneka model bervariasi yang beredar, peluang usaha jasa menjahit pakaian masih akan tetap dibutuhkan oleh konsumen hingga saat ini.

Hal ini dapat dilihat dari usaha jasa menjahit yang tetap laris dan banyak konsumen. Karena tidak semua ukuran pakaian jadi seperti S, M, L, XL, XXL akan cocok bila digunakan oleh konsumen.Terutama bagi orang-orang yang mempunyai postur tubuh dan badan yang di atas atau di bawah rata-rata.

Jika ingin memulai usaha menjahit dirumah, ada beberapa tahapan dalam memulainnya. Pertama, Mengasah keterampilan dalam menjahit. Ada berbagai macam keahlian dalam bidang jahit menjahit. Seperti menjahit tas, baju anak, kerudung, boneka dan lain sebagainya.

Setelah mempunyai keterampilan menjahit, langkah selanjutnyaa adalah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan menjahit seperti  mesin obras, mesin jahit, penggaris, kapur, gunting, benang, jarum, meteran, dan lain sebagainya.

Foto : flickr.com

Untuk tempat usaha menjahit bisa dilakukan di dalam rumah Namun lokasi usaha menjahit harus ada tempat produksi sekaligus tempat untuk melayani konsumen yang datang untuk keperluan menjahit pakaian.

Dalam mencari orderan jahitan, Anda bisa menawarkan ke lingkungan terdekat seperti anggota keluarga, teman, sahabat, kenalan, rekan kerja, tetangga, dan lain sebagainya.

Untuk membuat usaha menjahit menjadi laris manis dan menguntungkan serta dapat bersaing, Ada beberapa strategi yang perlu dilakukan. Pertama, adalah Tepat Waktu. Ketepatan waktu adalah hal sangat penting yang perlu diperhatikan penjahit  agar konsumen merasa puas dengan hasil jahitan dan pelayanan yang diberikan.

Kedua, pelayanan. Anda harus memberikan pelayanan terbaik dan memuaskan bagi konsumen. Sehingga konsumen bisa menjadi konsumen tetap. Dan jika terjadi komplain dari konsumen misalkan baju kekecilan atau kebesaran maka sang penjahit harus bersedia memperbaikinya sehingga sesuai yang diinginkan konsumen.

Pada saat baru memulai usaha menjahit, jangan memasang tarif yang tinggi. Anda harus fokus untuk mendapatkan konsumen. Jika konsumen sudah banyak dan kualitas hasil jahit bagus. Anda bisa menggunakan tarif pasar.

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here