Beternak Domba Garut Bisa Meraih Puluhan Juta Rupiah

0
392
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Domba Garut merupakan salah satu jenis kambing yang popular dan menawan. Ukuran tubuhnya yang besar dan tanduknya yang bagus membuat hewan ini semakin menarik dan banyak diminati oleh orang-orang.

Jadi jangan heran jika domba Garut bisa dijual dengan harga yang sangat fantastis.  Bahkan untuk domba Garut yang pernah memenangkan kontes, harga satu ekornya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Usaha ternak domba Garut merupakan salah satu usaha dengan peluang yang menggiurkan karena taksiran harga jualnya yang cukup tinggi.

Harga yang memukau tersebut tentu saja menjadikan domba Garut menarik banyak dicari orang untuk dibudidayakan.

Beternak domba Garut ini sendiri sebenarnya susah-susah gampang. Tapi dibandingkan dengan keuntungan yang didapat, tentu saja sangat menggoda.

Foto : Peluang Usaha

Lalu bagaimana sebenarnya bisnis ternak domba Garut ini dilakukan?

Beternak domba Garut bisa dibilang merupakan bisnis yang tidak pernah mati. Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja. Baik untuk domba kelas kontes atau domba konsumsi.

Memulai bisnis domba Garut juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar karena bisa memulainya di rumah. Hampir semua orang bisa dikatakan cocok untuk menjalankan bisnis ini.

Sebelum memulai bisnis domba Garut, ada beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan. Hal yang terpenting adalah kandang, sewa lahan, pengadaan bibit domba Garut, timbangan, tempat makan dan minum domba, wadah, selang, terpal, dan timba. Sebagai gambaran, investasi peralatan adalah sekitar Rp16 juta.

Biaya operasional tetap merupakan biaya penyusutan investasi peralatan ditambah dengan biaya gaji karyawan = Rp.800.000 + (2 orang x Rp1,6 juta) = Rp2 juta.

Untuk biaya variabelnya adalah sekitar Rp5 juta. Biaya ini sudah mencakup biaya makan daun-daunan atau rumput, pakan tambahan, vaksin, vitamin, alat habis pakai, minuman, karung, BBM, air dan listrik, juga biaya lain-lain yang mungkin dibutuhkan.

Dari jumlah ini, maka didapat biaya operasional tiap bulan

= Biaya operasional tetap + biaya variable

=Rp.2 juta + 5 juta = Rp.7 juta.

Jika dalam satu bulan Anda dapat menjual 5 ekor domba Garut dengan harga kisaran Rp2,5 juta per ekornya, maka Anda bisa mendapatkan total penjualan sebesar Rp12,5 juta atau keuntungan yang didapatkan adalah : Rp.12,5 juta – Rp 7 juta = Rp5,5 juta.

Mengacu kepada hasil ini, maka apabila investasi awal Anda adalah sekitar Rp16 juta, maka dalam waktu 3 bulan saja sudah bisa balik modal.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here