Peluang Menguntungkan dari Bisnis Barbershop

0
108
Foto : TribunSolo.com/Crysnha

Jakarta, namalonews.com – Perkembangan bisnis barbershop kini cukup pesat karena hampir di setiap area kita menemukannya. Mengingat bisnis ini dibutuhkan oleh semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orang tua.

Rambut merupakan bagian dari tubuh manusia yang merupakan peranan sangat penting. Seiring berjalan waktu, rambut bertambah panjang setiap harinya. Untuk merapikan rambut dan memangkasnya maka seseorang akan pergi ke gerai pangkas rambut atau barbershop.

Untuk pemula yang tertarik bisnis barbershop, ada beberapa langkah untuk memulai bisnis tersebut. Pertama, carilah lokasi yang strategis. Lokasi sangat berpengaruh besar terhadp konsumen.

Kedua, membeli peralatan dan perlengkapan untuk barbershop seperti alat cukur listrik, cermin, kursi pangkas rambut, sisir rambut, gunting khusus potong rambut, gunting sasak, pisau cukur, botol minyak, kap penutup badan, penjepit, 1 set tempat bedak,kuas pembersih,spons, poster model rambut, dll.

Kemudian tentukan jam operasional bisnis barbershop Anda, misalnya dari jam 09.00 sampai jam 21.00. Anda harus konsisten pada jam tersebut, sehingga konsumen mengetahui jam operasional bisnis Anda.

Foto : ist

Bisnis cukur rambut merupakan salah satu jenis bisnis dalam bidang jasa. Sehingga jika Anda harus memperhatikan kualitas pelayanan.

Pastikan hasil cukur rambut rapi dan sempurna sesuai keinginan konsumen. Selain itu, pastikan pelayanan berlangsung cepat dan ramah sehingga konsumen tidak menunggu terlalu lama untuk dipangkas rambut.

Agar konsumen tidak bosan selama menunggu, berilah fasilitas yang membuat konsumen nyaman, seperti televisi, ruangan ber-AC atau kipas angin, sediakan majalah atau koran atau bacaan lain. Dengan begitu, konsumen tidak akan merasa bosan menunggu antrian.

Jika kekurangan orang, carilah karyawan yang terampil dan sudah berpengalaman dan tau tentang tren  gaya model rambut terbaru.

Untuk mempromosikan bisnis barbershop, Anda bisa mempromosikan mulai dari keluarga, kerabat, tetangga, dan sebagainya. Namun untuk promosi ke masyarakat luas Anda harus melakukan promosi yang berbeda. Misalnya melakukan promosi lewat mulut ke mulut, lewat sosial media seperti Facebook, Instagram, Line, WA dan aplikasi lainnya.

Analisa Usaha

Asumsi

Dua orang tukang pangkas rambut dengan sistem bagi hasil 50:50. Masing – masing tukang pangkas dalam satu hari mencukur 15 orang, dengan tarif Rp 15.000,- bagi hasil 50 :50. Maka bagian Anda adalah Rp 7.500,-

Omset

30 Orang x Rp 7.500 x 30 hari  = Rp 6.750.000

Keuntungan

Rp 6.500.000 – Rp.3.850.000  = Rp 2.650.000

Lama Balik Modal

Rp 8.265.000 : Rp 2.650.000 = 3,1 bulan

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here