Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah Harus Tepat Waktu

0
330
Foto : The Verge

Jakarta, namalonews.com – Peluang usaha menjadi pengantar dan penjemput anak sekolah ternyata masih sangat menjanjikan dan bisa dikerjakan sebagai bisnis sampingan karena waktu kerjanya tidak padat.

Orangtua biasanya lebih memilih jasa antar jemput anak ke sekolah dengan biaya yang masih terjangkau. Selain itu jasa antar jemput anak dirasa lebih efesien dari sisi waktu dan biaya.

Usaha antar jemput anak sekolah masih termasuk dalam kategori usaha kecil menengah. Selain membutuhkan modal yang cukup besar, juga harus punya pengetahuan dalam menjalankan usaha ini.

Bisnis antar jemput anak sekolah adalah fleksibel dalam hal waktu kerjanya. Rata-rata mengantarkan anak sekolah itu adalah mulai pukul 06.00 – 07.00 pagi. Sedangkan untuk menjemput adalah pukul 13.00 – 14.00 siang. Waktu kerjanya singkat dan cukup mudah dijalankan.

Bisnis jasa antar jemput anak sekolah ini sangat cocok bagi mereka yang berada di sekitar perumahan atau pemukiman yang banyak anak dan jauh dari sekolah, khususnya siswa Sekolah Dasar (SD).

Foto : goukm.id

Dalam menjalani usaha antar jemput anak sekolah ini harus bekerjasama dengan pihak sekolah. Karena bisnis ini harus dipercaya oleh pihak konsumen dan juga pihak sekolah. Hal ini berkaitan dengan keselamatan anak-anak didik mereka.

Reputasi yang baik akan memberikan dampak yang luar biasa pada perkembangan bisnis antar jemput ini. Jadi hubungan ini harus dilakukan sejak awal.

Bila sudah punya mobil sendiri yang memadai, tentu modal untuk pengadaan kendaraan akan jauh lebih kecil. Namun, bila belum memiliki kendaraan bisa membelinya secara mencicil. Anggaplah Anda ingin membeli mobil bekas yang kondisinya masih bagus secara kredit.

Simulasi perkiraan modal usaha berikut ini bisa dijadikan referensi :

Pengeluaran per Bulan 

1.Membeli Kendaraan Bekas Rp100 juta dicicil.

Dp kendaraan 30% =Rp30.000.000,-

Cicilan bulanan(48 bulan) = Rp1.900.000

2.Bahan Bakar Kendaraan Rp50.000/ hari x 25 hari =   1.250.000,-

3.Gaji Supir =Rp1.000.000,-

4.Biaya lain-lain =Rp1.000.000,-

TOTAL PENGELUARAN = Rp5.150.000

Kita asumsikan bisnis jasa antar jemput anak yang Anda jalankan sudah mendapatkan 16 anak. Proses antar jemput harus dilakukan dua kali dalam sehari.

Jika masing-masing anak dikenakan biaya Rp600.000/ bulan maka total pemasukan yang diterima adalah Rp9.600.000/ bulan. Pendapatan ini kemudian dipotong dengan pengeluaran bulanan, sehingga sisa pendapatan Anda menjadi Rp4.450.000/ bulan.

Perhitungan analisis modal dan keuntungan bisnis antar jemput anak sekolah di atas hanya untuk satu kendaraan saja. Kita masih bisa mengembangkan bisnis ini dengan menambah armada sehingga bisa melayani lebih banyak anak.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here