Buya Anwar Abbas Soroti Keberpihakan Pemerintah terhadap UMKM

0
52
Foto : MUI

Jakarta, namalonews.com – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buya Anwar Abbas menyebut keberpihakan pemerintah dan para pemangku kepentingan masih minim terhadap pertumbuhan UMKM.

Hal tersebut dikatakan Buya Anwar Abbas dalam acara diskusi bertajuk “Risalah Pencerahan dalam Kehidupan Keumatan dan Kebangsaan: Tinjauan Ekonomi, Politik dan Sosial Budaya”, di kampus Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Ahmad Dahlan, Ciputat, Tangerang Selatan, Senin (13/5/2019).

Padahal, menurut Anwar, para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam menjaga keberlangsungan ekonomi bangsa.

Anwar mengutip Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14 Tahun 2012 yang menyebutkan perbankan harus mengucurkan kredit dan pembiayaan kepada UMKM.

Akan tetapi, sambung Buya Anwar, pada ayat 2, ada sebuah amanat supaya perbankan mengucurkan minimal 20 persen kepada UMKM.

“Yang namanya perbankan itu kan dikuasai oleh konglomerat. Yang dikucurkan ya 20 persen,” kata Buya Anwar.

Anwar yang juga ketua PP Muhammadiyah mengatakan juga, persentase jumlah UMKM di seluruh Indonesia terbilang besar, yaitu 99,9 persen. Sementara itu, keberadaan usaha besar hanyalah 0,1 persen.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here