Raih Omzet Jutaan Rupiah dari Bisnis Kue Basah

0
4856
Foto : wikipedia

Jakarta, namalonews.com – Indonesia terkenal dengan beragam jenis makanan khasnya. Setiap daerah mempunyai makanan unik dengan nama dan ciri khasnya masing – masing. Salah satunya adalah kue basah yang seringkali dicari banyak orang.

Kue basah merupakan olahan kue yang terkenal dengan tekstur yang lembut, empuk dan relatif basah. Selain bisa dijadikan menu cemilan dan sarapan, kue basah juga sering dijadikan hidangan tamu – tamu undangan.

Hal ini membuat bisnis kue basah di Indonesia memiliki prospek yang cukup tinggi. Jika Anda ingin menjalankan bisnis kue basah, ada beberapa langkah yang harus diketahui untuk menjalankan bisnis kue basah tersebut.

Pertama adalah survey tempat bisnis kue basah. Hal ini dapat Anda jadikan sebagai perbandingan dan referensi untuk memproduksi kue basah Anda sendiri. Anda dapat mengunjungi penjual kue basah di pasar atau beberapa toko kue yang menyediakan kue basah dalam menunya.

Setelah itu, Anda harus memilih dan menentukan beberapa jenis kue basah yang akan Anda buat sebagai bisnis Anda. Lalu, buatlah daftar yang didalamnya berisikan beberapa daftar kue basah yang laris dipasaran.

Dalam menjalankan bisnis kue basah, gunakanlah bahan bahan baku pembuatan kue yang berkualitas seperti tepung terigu, tepung kanji, tepung ketan, tepung sagu, telur, kelapa parut, baking soda,garam, wijen, gula pasir, vanili, coklat, margarine, gula kelapa, susu cair, selai aneka rasa, kacang dan gunakan pewarna yang terbuat dari bahan alami.

Jika ingin menggunakan pewarna makanan, carilah yang memiliki kualitas tinggi dengan takaran yang pas, sehingga kue yang diproduksi akan terjamin kualitas serta rasanya.

Foto : ist

Selain itu, Anda harus menciptakan rasa khas dan formula dari kue yang akan Anda jual, Anda juga perlu untuk membuat sebuah hal baru dari produk yang Anda tawarkan.

Hal baru yang dimaksud bisa saja dari keunikan bentuk dan rasa kue, kemasan yang menarik, dan hal-hal lain yang akan membuat orang tertarik untuk membeli kue yang Anda jual.

Kemudian, tentukan target pasar dari bisnis Anda tersebut. Dengan menentukan target pasar dari bisnis tersebut, maka Anda akan tahu bagaimana harus mengelola, memasak, mengemas, hingga memasarkan kue basah tersebut.

Untuk memasarkan bisnis kue basah ini bisa dilakukan dengan cara menyebarkan brosur ke berbagai tempat dan bisa menerima pesanan. Selanjutnya bisa dengan cara memasang nama bisnis Anda dengan alamat lengkap serta kontak dalam kertas pembungkus atau pada kotak kue basah.

Total Biaya Operasional

Biaya Tetap + Biaya variabel = Rp 1.572.669 + Rp 14.475.000

Rp 16.047.669

Pendapatan per bulan

Penjualan rata-rata =

650 kue basah x Rp 1.000 = Rp 650.000

Rp 650.000 x 30 hr = Rp.19.500.000

Keuntungan per bulan

Laba = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional

= Rp 19.500.000 – Rp 16.047.669 = Rp 3.452.331

Lama balik modal

Total Investasi : Keuntungan = Rp  4.767.000 : Rp 3.452.331 = 2 minggu

Penulis : Muhammad Izzul

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here