Kopi Indonesia Berhasil Merebut Perhatian Masyarakat Dunia

0
92
Foto : Hello Sehat

Jakarta, namalonews.com – Kopi asal Indonesia kembali berhasil merebut perhatian dunia. Kali ini respon terhadap kopi Tanah Air ditunjukkan melalui transaksi bernilai ratusan miliar pada pameran yang berlangsung di Boston, Amerika Serikat (AS).

Dalam pameran kopi internasional Global Coffee Specialty Expo di Boston, AS, Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil membukukan transaksi perdagangan senilai USD26,3 juta atau sekitar Rp360 miliar.

“Rangkaian (pameran) ini membawa Indonesia mencapai transaksi USD26,3 juta khusus untuk kopi spesial,” ujar Atase Pertanian Washington Hari Edi Soekirno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/5/2019).

Foto : Istimewa

Menurut Hari, masih ada sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan para pemangku kepentingan agar kopi Indonesia lebih berdaya saing di pasar global. Seperti masih lemahnya produktivitas lahan perkebunan.

Lanjut Hari, mengingat banyaknya daerah penghasil kopi di Nusantara, maka yang perlu diperhatikan adalah branding produk kopi. Hal ini sangat penting karena konsumen saat ini cenderung menyukai produk yang memiliki nilai tambah tinggi, baik dari sisi kemasan maupun “kisah” produknya.

Sebelumnya kopi Indonesia juga diapresiasi di ajang dunia saat meraih penghargaan dari Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA) di Paris, Prancis, tahun lalu.

Penulis : Agus Yanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here