Lelang Mobil Mewah untuk Disumbangkan ke Rakyat Miskin

0
94
Foto : AFP/Pedro Pardo 

Jakarta, namalonews.com – Sebanyak 82 unit kendaraan, termasuk mobil mewah Lamborghini Murcielago, tiga Porsche, serta lusinan truk lapis baja akan dilelang di Negara Mexico. Kemudian hasilnya akan diberikan kepada rakyat miskin di Negara tersebut.

Seperti dilansir Reuters, pemerintah Meksiko yang berada di bawah kepemimpinan Presiden Andres Manuel Lopez Obrador akan melelang Lamborghini, rumah dan aset lainnya yang disita dari gangster dan setidaknya satu mantan politisi.

Ini merupakan bagian dari program “Robin Hood” yakni mengalihkan jutaan dolar dalam keuntungan yang didapat dengan cara yang tidak benar untuk membantu orang miskin.

Lopez Obrador menjanjikan pemerintahan yang lebih cermat dibanding pendahulunya Enrique Pena Nieto. Salah satu bentuknya mengganti nama agensi pemerintah yang melelang barang-barang yang disita sebagai lembaga untuk mengembalikan barang-barang curian kepada Rakyat (Institute to Return Stolen Goods to the People).

Foto : Shutterstock

Lembaga tersebut dikepalai oleh Ricardo Rodriguez, hasil penjualan akan disalurkan ke dua kota di negara bagian Oaxaca Selatan, yang menurut Presiden Andres Manuel Lopez Obrador adalah di antara yang termiskin di negara itu.

Dikatakannya, nilai total dari penawaran awal untuk puluhan kendaraan yang akan dilelang itu mencapai sekitar 28 juta peso (sekitar Rp 21 miliar).

“Tapi kami berharap penawaran terakhir akan dapat lebih tinggi lagi,” kata Andres Manuel Lopez Obrador.

Pemerintah Meksiko saat ini tengah menggalakkan penghematan sejak dipimpin Presiden Andres Manuel Lopez Obrador, yang resmi menjabat mulai Desember tahun lalu.

Langkah-langkah penghematan untuk menambah pendapatan negara telah dimulai pemerintahan AMLO, julukan presiden Meksiko, mulai dari penghapusan pengawal presiden, penjualan pesawat kepresidenan, hingga memangkas gaji pejabat.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here