Keunikan Atraksi Budaya Samosir ‘Sigale Gale Carnival 2019’

0
92
Foto : Samosirnews.com

Jakarta, namalonews.com – Mengangkat tema ‘The BeaSamosiruty of Ulos’ budaya Batak tercermin lewat atraksi Sigale-Gale Carnival 2019 yang berlangsung sangat meriah di Samosir, Sumatera Utara, Sabtu (8/6/2019).

Sigale Gale Carnival 2019 di Samosir ini menjadi ajang untuk mempromosikan keunikan budaya masyarakat Batak kepada wisatawan.

Bahkan hujan yang turun tak membuat wisatawan bergeming demi menyaksikan karnaval. Begitu juga puluhan wisatawan asing ikut larut meramaikan acara.

Banyak wisatawan mancanegara yang turut menyaksikan karnaval ini.  Mereka ada yang berasal dari Malaysia, Taiwan, Swiss, Jerman, dan lainnya.

Karnaval unik ini menampilkan patung Sigale-gale raksasa. Meski berukuran besar, patung ini ternyata mampu menari mengikuti irama Gondang. Kemudian juga puluhan peserta fashion show ikut meramaikan karnaval tersebut.

Foto : Samosirnews.com

Ketua Pelaksana Calendar of Event (CoE) 2019 Kemenpar Esthy Reko Astuti mengatakan, selama ini Sigale gale menjadi identitas budaya masyarakat Samosir.

“Kemasyuran namanya patut menjadi sebuah simbol kebesaran budaya Batak Samosir,” kata Esthy di Jakarta, Minggu 9 Juni 2016.

Terlebih karnaval ini juga selalu mengangkat kain ulos yang juga merupakan bagian yang tak terpisahkan dari budaya Batak.

Sementara itu, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menambahkan, Sigale Gale Carnival menjadi momentum mengangkat kekuatan budaya Samosir. Karena jelas atraksi budaya menjadi magnet yang sangat luar biasa bagi wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here