Ayo Ikuti Cara Menabung Cepat dalam Seminggu

0
202

Jakarta, namalonews.com – Beberapa cara menabung kadang sering disepelekan oleh sebagian orang karena alasan menabung itu mudah. Namun alhasil ujung-ujungnya kita gagal terus dan bisa jadi duit yang kita simpan tidak sampai akhir bulan. Tidak sedikit orang yang mempunyai niat berhemat namun yang terjadi malah pemborosan.

Sering dari sebagian kita hanya gigit jari ketika duit kita habis. Seperti halnya membeli bahan makanan yang cukup banyak, namun ujung-ujung tidak dimakan dan sudah keburu kadaluarsa.

Hal ini akan membuat susah diri kita sendiri. Pasti kita bosan melihat dompet kita selalu kering sebelum akhir bulan, bahkan di akhir bulan.

Maka dari itu, ayo kita atur pengeluaran kita dengan baik agar tidak makan mie setiap hari. Inilah beberapa cara agar kita bisa menabung uang dengan bijak.

Pada hari pertama harus diingat kebiasaan buruk kita seperti jajan atau mungkin selalu lapar mata ketika belanja.

Dengan mengetahui ini kita akan tahu sebab dari keuangan kita tidak stabil. Maka untuk sementara tahan dulu pergi ke mall pada waktu-waktu tertentu.

Namun jika ada kebutuhan, sebaiknya fokuskan pada barang yang akan dibeli. Jangan sampai setibanya di tempat, kita membeli barang yang tidak begitu dibutuhkan.

Pada hari kedua sebaiknya kita merekap pengeluaran di akhir bulan. Banyak orang yang tidak mempunyai catatan pemasukan dan pengeluaran setiap bulan.

Maka jangan heran jika kita tidak mengetahui kemana perginya uang yang dimiliki. Karena tiba-tiba sudah habis  sebelum akhir bulan. Supaya tidak mengalami hal ini terus-menerus, kita harus mencatat pengeluaran dengan teliti.

Kita harus meluangkan waktu agar mengetahui mana pengeluaran yang diprioritaskan dan mana pengeluaran yang harus ditekan. Bahkan dengan ini kita akan tahu dana yang harus dikeluarkan setiap bulan, seperti pengeluaran wajib yakni uang kos, cicilan kendaraan dan uang makan, dan lainnya.

Ketika kita sudah selesai mencatat uang yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan pokok, maka selanjutnya barulah mencatat biaya yang tidak disadari dan bisa menguras saldo rekening kita. Antara lain, beli pulsa dan internet, spotify, member gym dan lain-lain.

Pada hari ketiga hal yang perlu dilakukan adalah menekan biaya. Hal kecil ini misalnya berlangganan TV kabel yang faktanya kita jarang melihat TV. Jika hal ini terjadi sebaiknya kita mengganti dengan provider yang lebih murah, namun mempunyai kualitas yang baik.

Pada hari keempat kita harus mengubah kebiasaan dengan mencari info pengeluaran rutin yang tidak disadari yang membuat kantong jebol.

Misalnya kita adalah pecinta kopi yang harus meminum kopi setiap pagi. Namun ini bisa dihindari dengan membeli kopi sendiri dan menyeduhnya di rumah.

Pada hari kelima kita haruslah konsisten dan jangan sampai tergoda di tengah jalan karena lelah. Apabila kita sudah melewati garis finish, itu merupakan perasaan yang membanggakan.

Jika kita konsisten setiap hari menabung dengan nominal yang sama, maka ketika menabung dengan jumlah yang kecil pun tidaklah masalah.

Pada hari keenam kita harus mampu menahan godaan seperti  ekstra ngirit dengan tidak nongkrong di mall bersama dengan teman-teman.

Pada hari ke tujuh, hitunglah hasil tabungan dengan perasaan bahagia dan bangga. Kita pun boleh memberi penghargaan kepada diri sendiri karena sudah berhasil  menahan diri selama satu minggu.

Itulah tips agar kita mampu menabung dengan bijak dan menggunakan uang kita dengan bermanfaat.

Penulis : Irene Triya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here