Sejumlah Pembalap MotoGP Tidak Bisa Pakai Helm Sponsor di GP Catulaya

0
644
Foto : indosport.com

Jakarta, namalonews.com – Sejumlah rider top seperti Andrea Dovizioso tidak bisa menggunakan helm dari sponsor di MotoGP Catulaya. Hari pertama MotoGP catulaya diwarnai dengan turunnya sejumlah pebalap tanpa helm sponsornya. Mereka adalah Dovizioso, Pecco Bagnaia, Aleix Espargaro, dan Karel Abraham.

Dovizioso dan Bagnaia diketahui merupakan pengguna helm Suomy, yang merupakan anak perusahaan dari KYT. Sedangkan Aleix Espargaro adalah pemakai KYT dan Abraham menggunakan merk NHK.

Mereka pekan ini terpaksa harus menggunakan helm merk rival, walaupun ditutup dengan logo sponsor masing-masing dan menggunakan desain yang biasa mereka pakai dipakai. Dovizioso misalnya, memakai helm produksi Shoei sedangkan Espargaro memakai produk Shark.

Semua itu dikarenakan penerapan standar homologasi terbaru dari FIM terkait masalah helm. Aturan ini semestinya sudah dikeluarkan sejak awal musim, tapi ditunda hingga pekan lalu.

MCN menyebutkan bahwa setiap pabrikan harus memberikan sepuluh helm dalam tiap ukuran yang dipakai pebalap mereka, untuk keperluan tes independen di laboratorium benturan di Universitas Zaragoza.

Tes tersebut terdiri dari sejumlah uji destruktif secara linier, miring, juga uji penetrasi untuk memastikan pabrikan helm bisa memberikan keamanan sebaik mungkin. Setelah lolos, produk akan mendapatkan label kode QR yang bisa dipindai untuk mengonfirmasi bahwa helm tersebut telah lulus tes.

Sejauh ini AGV, Airoh, Arai, Bell, HJC, Kabuto, LS2, MT, X-lite/Nolan, Skorpion, Shark, dan Shoei adalah merk-merk yang sudah lulus tes homologasi. Sementara NHK, Suomy, dan KYT masih harus mengurus akreditasi helm-helm mereka.

Penulis : Thoriq Naghi Irawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here