LIPI Ciptakan Robot Penjinak Bom Terbaru yang Lebih Ringan

0
33
Foto : Lipi.go.id

Jakarta, namalonews.com – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil mengembangkan sebuah robot penjinak bom yang diberi nama Morolipi V.2, yang merupakan akronim dari Mobil Robot LIPI.

Dikutip dari situs resmi LIPI, Selasa (18/6/2019), Morolipi V2 merupakan mobil robot penjinak bom yang mempunyai dimensi lebih kecil dan lebih ringan, sehingga mudah untuk dibawa kemana pun dan di medan mana saja.

Robot penjinak bom ini dilengkapi dengan empat flippers yang dapat bergerak secara independen, tidak hanya dapat berjalan di atas tanah yang datar saja tetapi bisa juga untuk menaiki atau menuruni tangga dengan slope 45 derajat.

Selain itu, robot ini mampu melewati tanggul dan tangga dengan slope 160 dan bisa untuk memotong kabel berdiameter 3 mm untuk menjinakkan bom.

Foto : Lipi.go.id

Morolipi V.2 diharapkan mampu menggantikan peran robot-robot impor yang digunakan TNI dan POLRI untuk menekan anggaran dana.

Sekaligus juga mengurangi ketergantungan terhadap luar negeri dalam hal teknologi pertahanan, dan dapat didiversifikasikan untuk aplikasi mobile robot lainnya.

Menurut Dr Eng Estiko Rijanto, peneliti Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik (Telimek) LIPI, untuk menyempurnakan kinerja mobil robot ini perlu adanya inovasi serta kreasi baru yang dikembangkan oleh para peneliti.

Estiko mengupayakan agar semua onderdil yang dibutuhkan untuk merakit mobil robot ini bisa didapatkan dari produk-produk lokal.

Berkaitan dengan masalah harga, mobil robot yang dikembangkan sejak 2004 dan berlanjut pada 2010 ini bisa lebih murah 50 persen dibandingkan dengan mobil penjinak bom impor yang mencapai harga sekitar Rp 1 miliar per unitnya.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here