Legenda Sepakbola Prancis Michel Platini Ditangkap Polisi Terkait Suap Piala Dunia 2022

0
92
Foto : Sporting Life

Jakarta, namalonews.com – Legenda tim nasional Prancis dan Juventus Michel Platini ditangkap pihak kepolisian Prancis di wilayah Nanterre, Paris, Selasa (18/6/2019) pagi waktu setempat.

Dilansir Omnisport, Platini Dia dituduh terlibat suap dalam proses pemilihan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Ia akan diinvestigasi oleh Badan anti Korupsi dari Polisi Yudisial Prancis (OCLCIFF).

Menurut laporan tersebut, Platini yang ketika itu sebagai Presiden UEFA merupakan salah satu dari 22 Komite Eksekutif FIFA yang menentukan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan juga 2022.

Foto : Bolanet

Pemain terbaik dunia tiga kali itu diduga mendapat uang 2 juta US Dolar (Rp28,6 miliar) dari mantan Presiden FIFA Sepp Blatter untuk mendukung Qatar menjadi tuan rumah.

Pada saat itu banyak yang beranggapan bahwa Qatar bukan tuan rumah yang ideal untuk penyelenggaraan Piala Dunia. Pasalnya event akbar yang biasanya digelar di musim panas tersebut tidak cocok digelar di Qatar yang memiliki suhu ekstrim di musim panas.

Namun Komite Eksekutif FIFA tersebut malah meloloskan Qatar ketimbang kandidat lain seperti Amerika Serikat, Korea Selatan dan Jepang.

Platini dan 21 Komite Eksekutif FIFA itu dituduh menerima suap untuk meloloskan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, sehingga ia tengah diperiksa untuk itu.

Sejumlah petinggi otoritas tertinggi sepak bola dunia lainnya yang sudah ditahan karena kasus korupsi Piala Dunia 2022 antara lain Jeffrey Webb, Eduardo Li, Julio Rocha, Costas Takkas, Jack Warner, dan Eugenio Figueredo.

Namun demikian, meskipun para pejabat tersebut dinyatakan bersalah, penyelenggaraan Piala Dunia 2022 tidak bisa dibatalkan karena Qatar sudah mulai mempersiapkan infrastruktur untuk turnamen tersebut.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here