Sekitar 5.600 Tahun Silam Manusia Telah Bangun Pulau Reklamasi

0
61
Ilustrasi : id.tripnholidays.com

Jakarta, namalonews.com – Di abad modern beberapa negara telah melakukan reklamasi.  Namun sebenarnya jauh sebelum itu, sekitar 5.600 tahun silam, sudah ada pulau reklamasi.

Ratusan pulau kecil di sekitar Skotlandia rupanya adalah pulau reklamasi atau pulau buatan yang dibangun oleh manusia neolitik yang hidup pada 6 abad yang lalu.

Seperti dikutip dari Live Science, keberadaan pulau-pulau reklamasi yang dikenal dengan nama crannog itu sudah diketahui oleh para ilmuwan selama beberapa dekade terakhir.

Namun mereka sebelumnya menduga pulau-pulau reklamasi tersebut mulai dibangun sekitar 2.800 tahun lalu.

Dalam studi yang diterbitkan 12 Juni kemarin di Jurnal Antiquity, disebutkan bahwa usia pulau-pulau reklamasi tersebut diketahui dari penemuan tembikar di sekitarnya.

Awalnya para ilmuwan meyakini bahwa pulau-pulau buatan di tengah danau itu dibangun sekitar tahun 800 sebelum Masehi dan masih didiami hingga tahun 1700 Masehi.

Namun pada 1980an muncul dugaan bahwa pulau-pulau itu sebenarnya usianya lebih tua. Seorang penyelam pada tahun 2012 menemukan beberapa tembikar dari era neolitik di dasar danau, dekat pulau-pulau tersebut.

Berlanjut hingga 2016 dan 2017, dua arkeolog asal Inggris Duncan Garrow dari University of Reading dan Fraser Sturt dari University of Southampton meneliti beberapa pulau buatan di Utara Skotlandia.

Para arkeolog tersebut secara khusus meneliti lapisan tanah di tiga danau, Loch Arnish, Loch Bhorgastail, dan Loch Langabhat.

Kemudian berdasarkan hitungan radiocarbon, empat pulau buatan yang diteliti ternyata dibangun sekitar tahun 3640 dan 3360 sebelum Masehi.

Meski demikian, mereka belum menemukan sisa-sisa bangunan dari zaman neolitikum di pulau-pulau tersebut.

Mereka hanya menemukan kepingan tembikar, yang sebagian menunjukkan bekas terbakar, di sekitar pulau tersebut. Para peneliti menduga benda-benda tersebut sengaja dibuang ke danau sebagai bagian dari ritual.

Meski demikian, berbeda dengan pulau-pulau reklamasi modern yang dibangun beberapa hektar, pulau-pulau buatan di Skotlandia tersebut berukuran sangat kecil dengan panjang sekitar 10 meter saja.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here