Warung Daging Anjing di Karanganyar Bali Diperintahkan Segera Ditutup

0
52
Foto : Oomph

Jakarta, namalonews.com – Bupati Karanganyar, Juliyatmono MM akan memerintahkan jajarannya segera menutup seluruh warung olahan daging anjing yang berada di wilayahnya.

Pernyataan tersebut merupakan tindak lanjut Pemkab Karanganyar usai menerima kunjungan Dog Meat Free Indonesia beberapa waktu lalu. Komunitas tersebut memang gencar menyuarakan penolakan terhadap peredaran daging anjing.

“Tindakan yang akan dilakukan di Kabupaten Karanganyar dapat menyelamatkan hampir 2,000 anjing tiap bulannya dari penjagalan,” demikian yang tertulis dalam pers rilis Dog Meat Free Indonesia, Rabu (19/6/2019).

Hasil investigasi tim koalisi Dog Meat Free Indonesia yang tertuang dalam rilis tersebut menunjukkan banyaknya anjing yang dijagal dengan kejam setiap harinya.

Foto : Hipwee

Tim koalisi Dog Meat Free Indonesia menyatakan optimis keputusan Bupati Karanganyar akan menjadi awal dari pergerakan nasional dalam menghalangi perdagangan daging anjing.

“Rekaman gambar yang mengerikan ini menghasilkan seruan baru untuk segera bertindak dari para anggota koalisi, duta selebriti nasional maupun internasional, dan kekhawatiran masyarakat di seluruh Indonesia dan dunia,” lanjutnya.

Sementara itu dalam rilisnya disebutkan bahwa Drs Juliyatmono, MM menyatakan bahwa perdagangan daging anjing ini adalah suatu hal yang tidak dibenarkan.

Tindakan ini juga memberi peringatan kepada masyarakat mengenai risiko maut terhadap kesehatan umum yang disebabkan oleh perdagangan anjing.

Di Karanganyar, warung olahan daging anjing sebenarnya tidak banyak ditemui. Beberapa warung tersebar di Kecamatan Karanganyar, Jaten, Colomadu hingga Matesih.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here