Pilkada Serentak 2020 Digelar pada 23 September

0
51
Foto : skanaa.com

Jakarta, namalonews.com – Ketua Umum KPU RI Arief Budiman mengatakan, sesuai Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, Pilkada Serentak 2020 akan digelar pada 23 September mendatang. Selama ini, menurut Arief, pemilu kerap dilaksanakan pada hari Rabu.

“Pertama, UU menyebutkan pilkada pada September, kemudian KPU, praktik pemilu selama ini dilaksanakan pada hari Rabu,” ujar Arief di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2019).

KPU, kata Arief,  tidak bisa mengambil hari Rabu pada tanggal satu digit (satu angka). Alasannya, kalau satu digit dikhawatirkan akan sama dengan nomor urut peserta pemilu.

Hal tersebut bisa mempengaruhi saat kampanye. Sehingga akhirnya diambil pada hari Rabu dengan tanggal dua digit.

Pilkada Serentak 2020, akan digelar di sembilan provinsi, yakni Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Secara rinci, Pilkada 2020 akan digelar di 270 daerah, meliputi sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Semula pilkada serentak 2020 seharusnya diikuti 269 Daerah. Namun, kemudian menjadi 270 karena Pilkada Kota Makassar diulang pelaksanaannya.

Kota Makassar akan diulang Pemilihan Walikotanya karena pada 2018 ada calon tunggal yang dikalahkan kotak kosong.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here