Jokowi Disebut Bank Dunia Berhasil Turunkan Angka Kemiskinan

0
112
Foto :  Bloomberg

Jakarta, namalonews.com – Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste Rodrigo Chaves menilai bahwa selama Pemerintahan Presiden Joko Widodo, Indonesia berhasil menekan angka kemiskinan hingga di bawah 10 persen.

Selama kurun waktu 2014-2019, Indonesia dinilai mampu mencapai pertumbuhan ekonomi di tengah tantangan pelik termasuk penurunan harga komoditas.

“Kita percaya, selama periode 2014-2019, ekonomi Indonesia sangat sukses,” kata Rodrigo di Energy Building Jakarta, Senin (1/7/2019).

Keberhasilan era pemerintahan Jokowi dalam membangun ekonomi ditunjukkan dengan pertumbuhan di sektor ini yang berada di angka 5 persen setiap tahunnya.

Selain itu untuk pertama kalinya dalam sejarah, Indonesia berhasil menekan angka kemiskinan hingga kurang dari 10 persen.

Pencapaian ini dibarengi dengan penciptaan lapangan pekerjaan baru. “Kemiskinan kurang 10 persen dalam sejarah,” tambah Rodrigo.

“Kami memandang, pemerintahan yang baru nanti harus fokus pada 5 sektor,” jelas Rodrigo.

“Termasuk human capital, pembangunan infrastruktur, pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik, mengumpulkan lebih banyak lagi pajak, belanja pemerintah yang lebih efektif dan efisien, serta mengimplementasikan reformasi birokrasi lebih efektif,” imbuhnya.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here