Selektif Memilih Makanan Junk Food

0
324
Foto : hellodoktor.co.za

Jakarta, namalonews.com – Kemajuan teknologi berimbas ke berbagai bidang kehidupan. Yang akhirnya menuntut segalanya serba cepat, efektif, dan efisien. Tidak bisa kita pungkiri, adanya reaksi yang muncul pascapenerapan maju dan modernnya teknologi. Banyak yang tidak tahu dengan adanya kemajuan teknologi kita lengah dibuatnya. Tak terasa memang kalau dalam waktu yang relatif singkat. Dalam jangka waktu yang lama reaksi itu akan timbul dengan sendirinya tanpa kita sadari. Lebih baik usaha preventif daripada usaha kuratif.

Ayam Goreng Cepat Saji. Ayam goreng atau yang sering kita sebut Fried Chicken. Mungkin kita juga sudah tahu kalau ayam goreng yang tersaji di kebanyakan restoran cepat saji kurang baik bagi kesehatan. Selain mengandung lemak yang tinggi, ayam goreng tersebut juga mengandung kolesterol jahat yang jenuh. Berdasarkan sumber penelitian yang berbobot keakurasian yang tinggi, ternyata ayam goreng restoran cepat saji mengganggu kesehatan usia produktif terutama usia anak-anak terhadap perkembangan kesehatan seksual.

Risiko yang terlalu kental yaitu kepada anak perempuan. Dalam pelepasan ovum yang busuk akan mengalami gangguan yang signifikan. Jika kita perhatikan dengan benar, anak perempuan akan mengalami menstruasi pada usia sekitar 14 sampai 15 tahun. Itu zaman dulu dengan kondisi kesehatan yang baik dan normal.

Anak yang mempunyai umur di bawah 10 tahun pun banyak yang mengalami peristiwa ‘datang bulan’ tersebut. Penyebab salah satunya yaitu pengaruh banyaknya atau seringnya mengonsumsi ayam goreng di restoran cepat saji atau junk food.

Makanan Aditif Ayam. Pernyataan ini pun juga mendapat reaksi positif dan kelegalitasan dari pakarnya. Seperti yang disampaikan oleh Dr.H Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS. Beliau meyakini bahwa ayam goreng yang berasal dari junk food tidak menutup kemungkinan telah disuntik dan suntikan itu mengandung hormon estrogen. Kita semua tahu bahwa hormon estrogen hormon wanita yang bisa dengan cepat merangsang terjadinya haid datang lebih cepat. Efeknya, siklus ini akan mengganggu metobolisme tubuh dan menghambat sinergisitas yang tidak menentu.

Ada statement lain, kalaupun tidak berkorelasi dengan ayam-ayam yang disuntik dengan hormon tersebut, agar lebih cepat dalam penghasilan uang dan mempercepat usia ayam, biasanya ayam tersebut diberi makanan khusus supaya dagingnya lebih renyah nantinya. Hal ini akan menghasilkan out put yang tidak baik, yakni estrogen akan tetap masuk pada ayam dan anak-anak perempuan mengonsumsinya, alhasil periode untuk haid pun akan lebih cepat.

Secara kimia-biolagi, estrogen sering disebut juga oestrogen. Yaitu sekumpulan senyawa steroid yang berfungsi untuk kedominanan hormon seks pada wanita. Sebagai fungsi sekunder, hormon ini pengaruhi perkembangan dan sebagai pertahanan penguatan tanda kelamin pada wanita seperti penebalan endometrium, munculnya payudara, maupun pengaturan siklus haid.

Daging Ayam Kampung. Pada dasarnya tidak begitu bermasalah ‘datang bulan’ datang lebih dini. Namun dikhawatirkan, wanita yang mengalami menstruasi lebih cepat dari normal berpotensi untuk terkena kanker payudara. Ternyata makan junk food juga bisa berpengaruh negatif pada anak laki-laki yakni fisik ukuran penis yang kecil dan juga obesitas.

Selanjutnya untuk menyiasati tetap makan ayam dan tidak terkena imbas negatifnya yaitu dengan tetap mengonsumsi ayam. Namun diusahakan ayam kampung yang tidak disuntik dan diberi makanan yang ada hormon jahatnya. Kesehatan pun tetap terjaga secara alami.

Penulis : Sulis Sutrisna, S.Pd., S.E., M.M

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here