Bagaimana Bahar Smith Hadapi Vonis?

0
166
Foto : mediaindonesia.com

Jakarta, namalonews.com – Sebagaimana kita ketahui, Majelis hakim menegaskan bahwa Bahar terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap CAJ (18) dan MKU (17). Menurut hakim, Bahar bersalah sesuai pasal Pasal 333 ayat (2) KUHPidana dan atau Pasal 170 ayat (2) dan Pasal 80 ayat (2) Jo Pasal 76 C Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Hingga berita ini diturunkan,  Bahar Smith menghadapi sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Selasa (9/7) hari ini. Sidang rencananya akan digelar di gedung Perpustakaan dan Arsip, Jalan Seram, Kota Bandung.

Pada siding sebelumnya Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Bahar bin Smith hukuman 6 tahun penjara. Selain itu, jaksa juga menuntut Bahar hukuman denda Rp50 juta subsidair kurungan 3 bulan penjara.

Ichwan Tuankotta,  anggota tim kuasa hukum Bahar, pihaknya berharap majelis hakim menggunakan hati nurani untuk menjatuhkan hukuman. Sebagai pembuktian bahwa hakim tak diintervensi oleh siapa pun.

“Kami berharap majelis hakim memutus perkara ini dengan adil dan dengan hati nuraninya. Tentunya memutus perkara ini sesuai dengan fakta-fakta persidangan yang ada. Sehingga putusannya bebas dari intervensi siapapun. Karena semata-mata putusan itu berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa,” ujarnya.

Dalam perkara ini, selain Bahar juga  ada dua terdakwa lainnya yaitu Agil Yahya dan Basith. Namun, Ichwan tak mengetahui apakah keduanya juga akan divonis hari ini.

“Habib Bahar iya, kalau yang lain belum tahu,” kata Ichwan.

Terungkap alasan Habib Bahar menganiaya kedua remaja itu. Aksi itu dilakukan Habib Bahar usai dua remaja tersebut mengaku-ngaku ‘habib’ Bahar saat berada di Bali. Disinyalir kedua korban melakukan penipuan dengan mengaku sebagai ‘habib bahar’. Selanjutnya dari aksi  penipuannya itu, lantas mereka mendapat uang dari warga Bali. Dengan dasar itulah,yang menjadikan Habib Bahar melakukan penganiayaan tersebut.

Penulis & Editor: Sulis Sutrisna, S.Pd., S.E., M.M

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here