Australia Usulkan Denda Rp2 Juta Bagi Penyeberang Jalan yang Gunakan Ponsel

0
49
Foto : Istimewa

Jakarta, namalonews.com – Denda sebesar $AUD 200 atau Rp2 juta tengah diusulkan oleh Dewan Pejalan Kaki Australia (Australian Pedestrian Council, PDA) bagi pejalan kaki sambil menggunakan handpone.

Hal ini disebabkan makin bertambahnya para pejalan kaki yang meninggal karena kehilangan konsentrasi pada saat melintas jalan.

Hingga sekarang di Australia belum ada peraturan hukum yang mengontrol tingkah laku semacam ini dan karenanya butuh undang-undang yang mengaturnya.

Presiden PDA Harold Scruby mengatakan pada ABC, sudah saatnya peraturan denda itu dijalankan, karena kampanye untuk keselamatan pejalan kaki yang mereka sosialisasikan selama 10 tahun terakhir ini sudah cukup.

“Sekarang ini saatnya untuk memperkuatnya dengan peraturan denda,” kata Scruby.

Foto : Istimewa

Sementara itu statistik di Australia memperlihatkan di tahun 2018-2019 di wilayah Australia sudah ada sekitar 208 pejalan kaki yang meninggal dunia.

Sedangkan di negara bagian Victoria dari bulan Januari hingga bulan Juli 2019, sekitar 25 pejalan kaki meninggal dunia.Ini menunjukkan penambahan 47 persen dari periode yang sama dari tahun sebelumnya.

Tak disebutkan penyebab semua kematian penyeberang jalan itu. Apakah dipicu oleh kekeliruan pejalan kaki atau kendaraan yang menabrak pejalan kaki tersebut.

Menurut catatan lembaga NRMA, di kota terbesar di Australia, Sydney, sebanyak 36 persen pejalan kaki yang melintas jalanan tidak berkonsentrasi penuh. Konsentrasi mereka terpecah dengan gadget yang mereka miliki.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here