Gunung Anak Krakatau Terjadi 20 Kali Goyangan Gempa

0
22
Foto : Instagram

Jakarta, namalonews.com – Sejak Rabu (10/7/2019), Gunung Anak Krakatau digoyang 20 kali gempa. Hal ini berbeda dengan sehari sebelumnya yang cuma sekali bergoyang akibat gempa.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, dari kemarin hingga pagi tadi visual Gunung Anak Krakatau masih tertutup kabut. Status gunung api yang ada di perairan Selat Sunda itu masih waspada atau level II.

“Asap kawah utama tidak teramati. Angin bertiup lemah ke arah timur laut dan barat daya,” tulis PVMBG dalam laman resmi Badan Geologi Kementerian ESDM, Kamis (11/7/2019).

Melalui rekaman seismograf pada 10 hari Rabu kemarin, Gunung Anak Krakatau tercatat mengalami 16 kali gempa letusan, sekali gempa embusan, dua gempa vulkanik dangkal dan sekali gempa vulkanik dalam.

“Tremor menerus dengan amplitudo 3-40 mm, dominan 15 mm,” tulis laporan PVMBG.

Sedangkan pada Selasa 9 Juli lalu, Anak Krakatau hanya dilanda sekali gempa embusan. Tremor menerus dengan amplitudo 1-20 mm, dominan 2 mm.

Sementara itu VONA terakhir terkirim kode warna orange, terbit 10 Juli 2019 pukul 17:43 WIB, terkait erupsi yang terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 47 mm dan lama gempa 220 detik.

Penulis : Gus Anto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here